Breaking News

Ratusan Anak Ikuti FASI 2018 yang Digelar LDII Kota Bima dan PPD

Sejumlah Peserta Menunjukkan Kemampuan Menghafal Ayat Al Quran di Hadapan Pejabat.


Bima, Berita11.com— Ratusan anak dari Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu mengikuti Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) 2018 yang diadakan Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) dan Penggerak Pembina Generasi (PPD) di Kelurahan Manggemaci Kecamatan Mpunda Kota Bima, Ahad (26/8/2018).

Hal yang menarik selain dihadiri ratusan anak para orang tua, pembukaan FASI 2018 yang diadakan LDII dan PPD juga dihadiri Asisten III Setda Kota Bima, Ir Darwis, Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bima, Syamsuddin, Pimpinan Ponpes Al Khusaini Kota Bima yang juga Ketua BAZNAS Kota Bima, Drs H Ramli, M.AP dan perwakilan Kodim 1608/ Bima.

Saat membuka FASI 2018, Asisten III Setda Kota Bima, Ir Darwis menyatakan, pihaknya sangat mengapresiasi FASI yang digelar oleh LDII dan PPD.

Menurutnya, tema kegiatan Mewujudkan Generasi Profesional dan Religius Melalui Tri Sukses Generus (Faqih Alim, Baraklahul Karimah dan Mandiri) sudah termasuk dari bagian visi dan misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bima terpilih yaitu mewujudkan masyarakat Kota Bima yang agamais.

“Ini temanya sudah termasuk program wali kota terpilih. Tahun 2019 sudah direncanakan memberikan bantuan 10 miliar untuk masjid raya (Al Muwahiddin). Memperkuat  program infak zakat dan sedekah. Selama ini sudah tapi diperkuat lagi. Mengefektifkan membumikan Al Qur'an, termasuk magrib mengaji. Meningkatkan kemakmuran masjid di dalamnya diperkuat masjid, remaja masjid ada semua di program lima tahun ke depan,” ujarnya.

Disebutkannya, program lain Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bima terpilih pada bidang keagamaan yaitu  mendorong kualitas pendidikan Islam melalui pesantren. Termasuk menjamin kerukunan umat beragama.

“Kadang kita tidak rukun menimbulkan ekses timbul masalah di kampung. Jadi itu program program yang akan dilakukan pemerintah yang akan dilantik nanti. Anak-anaku jangan berhenti di festival, kemudian setelah itu sibuk bermain. Harapan kami kepada orang tua juga, pasti ibu bapak telah membimbing anak anaknya, jangan sampai di situ saja. Tapi dua duanya untuk tetap membimbing. Mari kita dukung tanpa membedakan satu sama lain,” ajak Ir Darwis.

Sejumlah Anak dan Orang Tua Tampak Antusias Mengikuti Pembukaan FASI 2018.
Ketua LDII Kota Bima, Ustadz Umar Hamdan mengatakan, terlaksananya acara FASI 2018 adalah upaya Lembaga Dakwah Islam Indonesia dalam mewujudkan generasi yang alim faqih, akhlakul karimah dan mandiri sebagai wujud kontribusi LDII dalam ikut membantu program pemerintah yaitu reformasi mental.

“Selain itu, dengan acara FASI pada hakikatnya sama dengan mengasah dan membangun kecerdasan pada generasi yang akan menuntun menjadi manusia yang berkarakterdan kontributif terhadap agama, pembangunan masyarakat bangsa dan negara, sekaligus mempunyai daya tahan yang kuat terhadap pengaruh kerusakan yang sedang mengancam generasi muda saat ini seperti Narkoba, radikalisasi, pornografi dan kerusakan-kerusakan moral lainya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua BAZNAS Kota Bima/ Pimpinan Ponpes Al Khusaini, Drs H Ramli, M.Ap yang memimpin doa mengapesiasi kegiatan yang dilaksanakan LDII. Sesuai tema FASI 2018 yang diusung yaitu Mewujudkan Generasi Profesional dan Religius Melalui Tri Sukses Generus (Faqih Alim, Baraklahul Karimah dan Mandiri).

“Luar biasa LDII kedekatan beliau-beliau dengan kitabullah. Pesan Allah agar menjaga generasi penerus, agar menjadi generasi  akhlakul karimah yang bertakwa,” ucap H Ramli.
Festival Anak Sholeh Indonesia sendiri adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan LDII. 

Sebelumnya kegiatan yang sama dilaksanakan di Kabupaten Dompu. sejumlah lomba yang digelar di antaranya dai cilik, lomba azan, lomba tahfiz, cerdas cermat, menggambar yang diikuti lebih dari 200 anak dari tingkat PAUD hingga umum. [US]


No comments