Breaking News

Disdukcapil Kota Bima Selalu Siap Jemput Bola untuk Data Kendudukan Warga Berkebutuhan Khusus

Kepala Dinas Dukcapil Kota Bima, Hj Mariamah SH. Foto US Berita11.com.


Kota Bima, Berita11.com— Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bima selalu siap menerapkan sistem jemput bola untuk perekaman data warga berkebutuhan khusus seperti lanjut usia (jompo) maupun penderita disabilitas. Disdukcapil menerapkan sistem pelayanan mobile.

Kepala Disdukcapil Kota Bima, Hj Mariamah SH mengatakan, sistem jemput bola sudah lama diterapkan pihaknya, termasuk saat menjelang Pilkada Kota Bima. Pada saat ini pihaknya menargetkan menuntaskan perekaman dan pencetakan dokumen kependudukan bagi warga yang memenuhi syarat sebagai pemilih.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukan. Khusus bagi penderita disabilitas agar dilaporkan kepada kami supaya kami bisa jemput bola,” katanya.

Disdukcapil Kota Bima juga sangat mengharapkan peran serta Pemerintah Kelurahan membantu untuk mengoptimalkan proses perekaman data kependudukan untuk warga di kelurahan terutama berkebutuhan khusus.

Di luar sistem jemput bola tersebut, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bima juga siap mengoptimalkan perekaman data kependudukan melalui sistem informasi kelurahan jika Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bima sudah siap mendukung infrastruktur pendukung layanan tersebut.

“Sistem informasi kependudukan di kelurahan siap kami terapkan. Untuk itu (Dinas) Kominfo harus kuat dulu. Kalau untuk sistem informasi kependudukan di dinas sudah lama kami terapkan,” ujarnya. [US/*]

No comments