Breaking News

E-KTP 12.000 Warga Tiga Kelurahan Baru di Kota Bima Ditargetkan Dicetak Tahun 2018

Ilustrasi. Source Kabarnusa.


Kota Bima, Berita11.com—  Kartu Tanda Penduduk elektronik (E-KTP) 12.000 warga tiga kelurahan baru di Kota Bima meliputi Kelurahan Ule dan Kelurahan Jatibaru Timur Kecamatan Asakota serta Kelurahan Oi Mbo Kecamatan Rasanae Timur ditargetkan mulai dicetak akhir tahun 2018 dan paling telat awal tahun 2019.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bima, Siti Marmah mengatakan sesuai petunjuk Dirjen Kemendagri, KTP lama warga kelurahan baru akan dikumpulkan kembali oleh dinas setempat, kemudian digunting setelah ditukar dengan E-KTP dengan alamat baru.

“Sesuai petunjuk Dirjen KTP lama akan kami gunting bagian pojok kanan atas setelah ditukar dengan KTP elektronik di alamat baru,” katanya di Disdukcapil Kota Bima, Jumat (28/9/2018).

Dikatakan dia, hingga saat ini tidak ada kendala berkaitan pencetakan KTP elektronik meskipun ada pembatasan oleh dinas setempat karena stok pita ribon yang menipis.

Berkaitan potensi penyalahgunaan E-KTP setelah terbitnya belasan ribu KTP baru bagi warga tiga kelurahan baru pihaknya menyerahkan masalah itu kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) karena Disdukcapil hanya menerbitkan dokumen kependudukan yang sudah memenuhi syarat.

“Untuk blanko juga tidak ada masalah dan kami sudah melakukan koordinasi lebih awal. Prioritas cetak sekarang yang PRR (print ready record) atau sisa Suket (surat keterangan),” ujarnya. [US]

No comments