Breaking News

Gelar Wisuda Angkatan XXIX, Sejak Dibangun STKIP Bima sudah Cetak 13.847 Sarjana

Suasana Wisuda Angkatan XXIX STKIP Bima, Sabtu (15/9/2018). Foto Ahmad.


Kota Bima, Berita11.com— Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima menggelar rapat senat terbuka wisuda strata satu (S1) angkatan ke-29 bagi 667 mahasiswa setempat yang sudah menuntaskan kuliah, Sabtu (15/9/2018). Sejak dibangun hingga pelaksanaan wisuda tarbaru, kampus setempat tercatat telah mencetak 13.847 sarjana yang memiliki kompetensi dalam dunia pendidikan yang terserap di dalam dan luar negeri.

Hal yang menarik, wisuda angkatan XXIX STKIP Bima dihadiri sejumlah pejabat penting seperti Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia, Dr H Anwar Usman, Wakil Wali Kota Bima terpilih Feri Sofyan SH, Dandim 1608 Bima, Kapolres Bima Kota, Wakil Kepala Kepolisian Resor Bima  Bima, Ketua Majelis Ulama Indonesia, Ketua Layananan Pendidikan Tinggi/ Kopertis wilayah VIII, I Nengah Dasi Astawa, M.Si, sejumlah pejabat lain dan orang tua peserta wisuda.

Ketua  STKIP Bima, Dr Amran Amir M.Pd mengatakan,  wisuda  pendidikan strata satu (S1) kampus setempat dimulai sejak  tahun 1976 dan hingga kini yang  lulus atau menjadi sarjana 13.847.

“Mereka yang  wisuda mulai  sejak  dulu sampai  sekarang   sudah mengisi  dunia  publik, dunia  kerja baik di  daerah di dalam  negeri maupun  di luar negeri,” kata Amran saat menyampaikan sambutan.

Dikatakannya,  sejumlah program studik STKIP Bima sudah  mampu  menunjukan  keberhasilan dalam berbagai bidang  seperti  perbangkan, pariwisata,  politik,  media,  dan  dunia  usaha. Sebagian alumnus STKIP Bima berhasil meniti karir sebagai Aparatur Sipil Negara di Kota Bima, Kabupaten Bima maupun sejumlah daerah lain di luar NTB.

Amran menyebut, jumlah peserta wisuda angkatan ke-29 STKIP Bima sebanyak  667  orang. Jumlah tersebut berasal dari sejumlah program studi yaitu S1 Bimbangan Konseling sebanyak  60 orang, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi  148 orang, Program Studi S1 Pendidikan Biologi  122  orang, Program Studi Pendidikan Matematika  129 orang, S1 Pendidikan Sosiologi sebanyak  91 orang, Program Studi S1 Pendidikan Fisika  32  orang, S1 Pendidikan  Kimia  43 orang.

Para Peserta Wisuda Angkatan XXIX STKIP Bima. Foto Ahmad.
“Dari tujuh program studi semua  telah  terakreditasi dan empat program studi di antaranya telah terakdetasi B. Sementara pada tahun ini ada  tiga  program  studi  yang  sedang  diproses  naik  status akreditasi. Mohon  doa dan dukugannya para alumi dan para orang tua yang barusan diwisuda apa yang kita inginkan bisa tercapai sesuai apa dengan harapan kita bersama,” harap Amran.

Amran berpesan kepada seluruh alumni dan para peserta wisuda agar menjaga hubungan dan nama baik almamater. Ilmu pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah agar diaplikasikan dalam masyarakat untuk pengembangan diri dan bagian dari nilai pengabdian.

Ketua Layananan Pendidikan Tinggi/ Kopertis wilayah VIII, I Nengah Dasi Astawa, M.Si, yang diberikan kesempatan menyampaiakan sambutan berharap seluruh wisudan dan wisudawati STKIP Bima tidak pernah berhenti belajar dan mengembangkan diri sehingga dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi dan pengetahuan serta era persaingan yang menuntut penyesuaian kompetensi. 

“Anda dituntut berbagi ilmu pengetahuan agar dapat dimanfaatkan oleh orang lain telah ikut berkontribusi terhadap keberhasilan Anda,” katanya mengingatkan peserta wisuda.

Dari 667 peserta wisuda angkatan XXIX STKIP Bima, beberapa di antaranya dikukuhkan sebagai wisudan terbaik masing-masing program studi yaitu Safrin peserta wisuda dari Prodi S1 Bimbingan Konseling dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 4,00. Kemudian Melly Rahmadani dengan IPK 3,87 dari Prodi S1 Pendidikan Ekonomi, Festy Ferawati dengan IPK 3,90 dari Prodi S1 Pendidikan Biologi, Khaldun Ryadi dengan IPK 3,75 dari Prodi S1 Pendidikan Matematika, Siti Fatimah dengan IPK 3,72 dari Prodi S1 Pendidikan Sosiologi, M Ramadhan  dan Rofitasari masing-masing dengan IPK 3,95 dari Prodi S1 Pendidikan Fisika, Nurfitriah Sarifatul Awaliyah dengan IPK 4,00 dari Prodi S1 Pendidikan Kimia. [AD/*]

No comments