Breaking News

Kemah Besar Pramuka Bima Dipusatkan di Kecamatan Sanggar, Berbagai Lomba Digelar

Koordinator Komunitas Pramuka Peduli/ Ketua Panitia Kemah Hari Pramuka ke-57 Kabupaten Bima, Arief Rachman.


Bima , Berita11.com— Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bima tahun 2018 akan mengadakan Perkemahan Besar Pramuka di Kecamatan Sanggar. Lokasi perkemahan dipusatkan di pinggir Pantai Piong Kecamatan Sanggar.

“Baru tahun 2018 ini pertama kalinya Kwarcab Bima melakukan Perkemahan Besar Hari Pramuka ke-57 di Kecamatan Sanggar,” jelas Arief Rachman Ketua Panitia Kemah Hari Pramuka ke-57 Kabupaten Bima

Arief menjelaskan, kegiatan perkemahan akan berlangsung 28 September hingga 2 Oktober 2018. Peserta perkemahan diharapkan sudah masuk lokasi perkemahan Jumat 28 September, karena pada Sabtu 29 September akan dilakukan upacara pembukaan perkemahan yang Insya Allah akan dibuka secara resmi Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri yang juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Kabupaten Bima.

“Bupati Bima dijadwalkan menjadi inspektur upacara sekaligus nanti akan menyerahkan piala yang akan direbutkan dalam pelbagai lomba di arena perkemahan,” kata Arief.

Secara terpisah, Koordinator Acara Abdullah Zain SE menjelaskan bahwa ada beberapa lomba yang diadakan di antaranya jelajah alam yang di dalamnya menyangkut kemampuan membaca kompas, menyusun peta pita dan kemampuan P3K. Termasuk juga lomba pionering, halang rintang  dan LKBB serta lomba keindahan tenda dan lomba memasak ala Pramuka.

“Nah, yang menarik lomba memasak ala pramuka ini ajang yang paling bergensi karena adik adik akan menampilkan kreasi masakan ala Pramuka yang rasanya tidak jauh berbeda dengan olahan masakan rumahan,” jelas Zain.

Selain arena lomba, Zain menjelaskan bahwa di arena perkemahan juga akan dilakukan pembinaan-pembinaan karakter di antaranya oleh Kodim 1608/ Bima yang akan menjelaskan terkait wawasan kebangsaan serta BNN Kabupaten Bima yang akan memberikan materi terkait Narkotika. Tidak ketinggalan Perpustakaan Kabupaten Bima yang siap menyediakan bacaan selama acara perkemahan berlangsung.

“Hal menarik juga diarena perkemahan adik-adik akan diberikan pengetahuan dasar siaga bencana oleh BPBD Kabupaten Bima dan SAR perwakilan Mataram. Pengetahuan siaga bencana ini sangat penting oleh bekal adik-adik bila terjadi bencana seperti gempa,” jelas Zain.

Zain berharap  seluruh gugus depan yang ada di Kabupaten Bima  ikut berpartisipasi dalam acara Kemah Besar Pramuka Bima.  

“Harusnya tidak ada alasan sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Bima tidak mengikutkan siswanya, apalagi yang mengundang bupati selaku Ketua Mabica. Kalau nggak datang sama saja tidak mengindahkan,” tandasnya. [RD]

No comments