Breaking News

KPU Kabupaten Bima Siapkan 5 Tim Help Desk untuk Pelaporan Dana Kampanye



Utusan Parpol, Peserta Bimtek Aplikasi Pelaporan Dana Kampanye di Kabupaten Bima. Foto US Berita11.com

Bima, Berita11.com— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima menyiapkan lima tim help desk yang akan membantu partai politik (Parpol) dalam mengisi aplikasi pelaporan dana kampanye. Sesuai ketentuan setiap peserta Pemilu 2019 wajib menyampaikan laporan awal dana kampanye disertai laporan sumbangan dana kampanye.

Agar kegiatan ini (Bimtek) terasa lengkap sekali. Kami telah membagi 5-6 tim help desk yang dapat membantu teman-teman Parpol,” ujar Ketua KPU Kabupaten Bima, Yuddin Chandra Nan Arif saat membuka Bimbingan Teknis Aplikasi Pelaporan Dana Kampanye 
Pemilihan Umum Tahun 2019 di ballroom Hotel Kalaki Beach, Rabu (12/9/2018).

Menurut Yuddin, kampanye dan pelaporan dana kampanye merupakan dua hal yang tak dapat dipisahkan karena saling berkaitan. Untuk itu, seluruh Parpol peserta Pemilu 2019 wajib mengatensi ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan dalam regulasi KPU dan yang diatur dalam Undang-Undang.

Devisi SDM KPU Provinsi NTB, Yan Marlin M.Pd mengatakan, berkaitan dengan pelaporan dana kampanye, KPU hanya berupaya menfasilitasi peserta Pemilu karena yang akan melaksanakan audit adalah kantor ankuntan publik. “Harapan kami (Parpol) mengikuti saja jadwal dan tahapannya agar tidak gagal pada Pemilu 2019,” imbaunya kepada peserta Bimtek.

Dikatakannya, pengaturan dana kampanye adalah upaya memberikan kesempatan yang sama kepada partai politik untuk menjadi pemenang Pemilu. Karena Parpol di Indonesia ada yang dikuasai oleh orang kaya sehingga sumber pendanaannya besar sehingga memiliki peluang lebih besar menguasai pesta demokrasi. Selain itu  ada juga Parpol yang dimiliki oleh orang-orang biasa sehingga terbit Undang-Undang dan regulasi yang mengatur pembatasan dana kampanye.

“Aktivitas itu akan membutuhkan pembiayaan. Tentu aktivitas ini tidak boleh dibiayai dengan dana yang tidak jelas,” kata Yan Marli  menyampaikan sambutan saat pembukaan Bimteks Aplikasi Pelaporan Dana Kampanye Pemilu 2018. [US]

No comments