Breaking News

KPU Kabupaten Dompu Gelar Pawai Deklarasi Pemilu Damai

Meskipun Diguyur Hujan Para Caleg dan Pengurus Parpol di Dompu Antusias Mengikuti Pawai Pemilu Damai. RIS


Dompu, Berita11.com— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dompu menggelar deklrasi Pemilihan umum (Pemilu) 2019 damai dan gelar apel pasukan pengamanan pesta demokrasi tersebut, Minggu (23/9/2018). Kegiatan diikuti 250 peserta dari partai politik, para calon legislatif, pemerintah daerah dan anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Dompu.

Apel pasukan pengaman Pemilu 2019 di Kabupaten Dompu dilaksanakan di depan kantor KPU di Jalan Bhayangkara Nomor 6 Kelurahan Bada Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu, sedangkan pawai deklarasi damai  star dari kantor KPU melewati Kecamatan Woja, Kecamatan Manggelewa dan finis di  di Pelabuhan Kempo.

Ketua KPU Kabupaten Dompu, Rusdianto dalam sambutannya meminta agar peserta Pemilu 2019 melaksanakan politik yang baik dan berintegritas. Terselenggaranya pawai dan deklarasi Pemilu damai di Dompu berkat kesepakatan partai politik.

“Kita bisa melaksanakan pawai ini yang telah disetujui oleh KPU provinsi dan hanya Kabupaten Dompu yang diberikan ijin. Penting bagi kita melaksanakan Pemilu dengan baik serta melaksanakan Pemilu  serentak pada 17 April 2019 yang diikuti oleh seluruh rakyat  Indonesia,” ujarnya.

Dikatakannya, proses pelaksanaan pemilihan kepala negara dan calon legislatif 
dilaksanakan dengan prinsip langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

“Kita berharap komitmen deklarasi hari ini secara damai. Tujuan untuk kemaslahatan umat meraih kemenangan yang hakiki mari berpolotik dengan baik secara Luber dan Jurdil,” ajaknya.

Personil Kepolisian Resor Dompu Siap Mengamankan Pemilu 2019. Foto RIS.
Usai sanbutan Ketua KPU, Bupati Dompu Drs H Bambang M Yasin juga dalam sambutannya mengajak  para Caleg maupun masyarakat pada umumnya saling menjaga komitmen dan mempererat tali silaturrahim.

“Kita menandatangani komitmen bersama, kita akan melaksanakan Pemilu dengan cara yang baik. Bahwa proses Pemilu ini berintegritas, saya sebagai Bupati dengan mengutamakan kedamaian dan memiliki rasa aman tanpa memandang suku, ras dan agama, komitmen kita seperti semboyan Nggahi Rawi Pahu. Kita bangun silaturahmi kebangsaan antar-Parpol maupun Caleg,” imbaunya.

Diisyaratkannya, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan anggota Forum Pimpinan Daerah Kabupaten Dompu agar Pemilu 2019 berlangsung dengan damai dan lancar. 

“Ikuti pawai ini dengan baik seperti semboyan Nggahi Rawi Pahu berpolitiklah dengan baik, maka akan dicapai hasil yang baik. Kita semua berdoa semoga bumi Nggahi Rawi Pahu ini dirahmati oleh Allah SWT,” katanya.

Usai sambutan, kegiatan dilanjutkan pembacaan deklarasi damai yang dipimpin Ketua KPU Kabupaten Dompu Rusdianto dan diikuti seluruh peserta Caleg dan Parpol peserta Pemilu 2019. Setelah itu dilanjutkan  penandatanganan Pemilu damai yang dilakukan oleh masing-masing ketua Parpol, Bupati Dompu, Ketua DPRD, Kapolres Dompu, Dandim 1614, Kajaksa, Ketua Pengadilan, Ketua KPU, Ketua Bawaslu dan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Kabupaten Dompu.

Selanjutnya sekira pukul 16.00 Wita, Bupati Dompu melepas peserta pawai deklarasi damai dengan susunan mobil Patroli Satuan Lalu Lintas  Polres Dompu, mobil patroli Kodim 1614/ Dompu, sepeda motor patroli Polres Dompu, sepeda motor motor patroli Kodim 1614/ Dompu kemudian disusul  kendaraan partai politik di Dompu peserta Pemilu 2019.

Sejumlah Parpol peserta pawai Pemilu damai yaitu  PKB, Partai Nasdem, Partai Perindo, Partai Hanura, Partai Gerindra, Partai Garuda, PPP, Partai Demokrat, PDI Perjuangan, Partai Berkarya, PSI, PBB, Partai Golkar, PKS, PAN dan PKPI. Masing - masing partai membawa bendera partai, sound sistem, kendaraan roda 4 masing-masing sebanyak 4 unit, personil dari tiap-tia partai yang mengikuti 5 sampai 20 orang.
Turut hadir dalam kegiatan apel pasukan pengaman dan pawai Pemilu damai di Dompu yaitu Bupati Drs H. Bambang M Yasin, Dandim Dompu Letkol Czi Arif, Kapolres Dompu AKBP Erwin suwondo, SIK, MIK, Ketua KPU Kabupaten Dompu Rusdianto, Ketua Bawaslu Kabupaten Dompu Drs Irwan, Kepala Kejaksaan Negeri Dompu Hasan kurnia SH, Kepala Kesbangpoldagri Kabupaten Dompu H. Burhan SH, Kapala Satuan Pol PP Kabupaten Dompu Agus salim. [RIS]

No comments