Breaking News

Pemuda Cempi Jaya Desak Pemdes Transparan Kelola ADD

Kepala Desa Cempi Jaya Menerima Massa untuk Beraudiensi. Foto RIS.



Dompu, Berita11.com—Sejumlah pemuda Desa Cempi Jaya Kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu mendesak pemerintah desa setempat agar transparan dalam mengelola Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Dari APBD (DDA). Desakan itu mereka sampaikan dalam unjuk rasa di depan kantor Desa Cempi Jaya, Senin (10/9/2018).

“Kami meminta kepada pemerintah desa agar anggaran yang  diperuntukan untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bisa diperjelas penggunaannya supaya masyarakat tahu,” teriak koordinator massa Samaila SPd saat menggelar orasi.

Selain penyalahgunaan ADD/DDA. Massa juga menuding pemerintah desa setempat telah melakukan pungutan liar  terhadap Program Nasional (Prona) bidang agraria.
Setelah berorasi secara bergantian, sekira pukul 10.15 Wita massa disambut Kepala Desa Cempi Jaya, Furkan didampingi Bhabinkamtibmas dan Babinsa desa setempat untuk berdialog.

Saat dialog, Furkan menjelaskan tuntutan massa aksi yang berkaitan DDA/ADD Bumdes dan Pungli Prona.

“Yang berkaitan dengan ADD mari kita Lihat sama sama apa saja yang digunakan oleh aparatut desa, penggunaan ADD  sudah jelas pelaporanya dan penggunaannya. Coba menanyakan kepada pemerintah pesa atau bisa juga langsung sama saya,” ujar Furkan.

Selanjutnya  Furkan mengajak massa agar sebelum menggelar unjuk rasa agar melihat dan mengecek kebenaranya apakah benar ada penyelewengan dana atau tidak.

“Saya pesan sama adik- adik silahkan saja melakukan unjuk rasa tapi jangan sampai membuat perusakan fasilitas umum. Karena kantor desa ini adalah milik kita bersama dan juga tolong kalau melakukan unjuk rasa supaya data-datanya benar dan valid,” imbaunya. [RIS]

No comments