Breaking News

Sejak Pembukaan Penerimaan CPNS, Permintaan Legalisasi Dokumen Kependudukan di Kota Bima Mencapai 400 Orang per Hari

Warga Kota Bima Sedang Mengurus Dokumen Kependudukan di Disdukcapil Kota Bima. Foto US.


Kota Bima, Berita11.com— Sepekan terakhir permintaan legalisasi dokumen kependudukan di Kota Bima meningkat. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bima mencatat permintaan legalisasi Kartu Tanda Penduduk (KTP), kartu keluarga dan akte kelahiran meningkat menjadi 400 orang per hari dibandingkan hari biasa.

“Terjadi peningkatan sepekan terakhir ini untuk pemutakhiran data kependudukan dan permintaan legalisir (legalisasi),” ujar Kepala Disdukcapil Kota Bima, Hj Mariamah SH di dinas setempat, Jumat (28/9/2018).

Dijelaskannya, peningkatan juga terjadi pada permintaan KTP elektronik. Pihaknya tetap menekankan bahwa pemberian dokumen kependudukan dan legalisasinya hanya diberikan kepada masyarakat pemohon yang memenuhi syarat.

Sejauh ini Disdukcapil Kota Bima belum menemukan adanya penyalahgunaan dokumen atau lampiran persyaratan permohonan dokumen kependudukan yang diduga dipalsukan. 

“Kita tetap pada prinsip sesuai prosedur. Misalnya surat nikah legalisir  ijazah. Kalau belum memenuhi syarat tetap kita tidak mau terima disuruh untuk melengkapi kembali. Karena syarat-syarat itu harus dipenuhi,” ujarnya. [US]

No comments