Breaking News

Tim Penilai Lomba Penataan Arsip dari ANRI Sisir 12 OPD Kabupaten Bima

Tim Penilai Memeriksa Penataan Arsip di OPD Lingkup Kabupaten Bima, Rabu (26/9/2018).


Bima, Berita11.com Tim penilai lomba Penataan Arsip dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi NTB  melakukan penilaian langsung ke sejumlah OPD yang berkantor di Godo-Woha dan RSUD Bima.

Saat turun pada Rabu (26/9/2018), tim yang dipimpin oleh Kabid Pembinaan dan Pengelolaan Arsip Dinamis H Suhaimi, MM melakukan kunjungan ke  12 OPD. Belasan unit kerja tersebut  yaitu Sekretariat Daerah, BPPKAD, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Perkim, BPBD, Dinas Perhubungan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, 
Dikbudpora,  Satuan Polisi Pamong Praja,  Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bima. 
terakhir tim penilai mengunjungi RSUD Bima.

Suhaimi mengatakan mengatakan berdasarkan hasil pengamatan, tim penilai melihat ada kemajuan atau progres kepedulian terhadap pengelolaan dan penataan arsip oleh sejumlah OPD di Kabupaten Bima.

“Dalam arti sudah mulai tumbuh rasa kepedulian terhadap pengelolaan dan penataan arsip. Walaupun belum sampai pada tataran yang dikatakan cukup atau sedang,” katanya dikutip Kepala Bidang Komunikasi Publik dan Desiminasi Informasi Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kabupaten Bima, Suryadin, S.Si, M.Si.

Tim mengapresiasi upaya penataam arsip oleh OPD-OPD di Kabupaten Bima. Penilaian merupakan bagian dari motivasi agar OPD menata arsip dengan lebih baik.

“Tentu dengan mengacu kepada aturan dan penataan yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah,” ujarnya.

Diharapkannya, pasca  penilaian, OPD lebih aktif menata arsip sesuai kaidah tata kelola arsip.
Sejumlah Anggota Tim Penilai Lomba Melihat Pengelolaan Arsip OPD.

Sementara itu, Kepala Bidang Arsip Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima Julkifli SH M.Hum yang mendampingi tim penilai mengatakan,  penilaian dilakukan selama dua hari.
Kunjungan lapangan tim tersebut merupakan tindak lanjut dari kunjungan permainan anak 
dilakukan panitia pendamping tiga pekan sebelumnya.

Tim melanjutkan penilaian pada 18 OPD lingkup Kabupaten Bima yang berkantor di wilayah Kota Bima, Kamis (27/9/2018). [AN]

No comments