Breaking News

Tim UKS Puskesmas Kota Kabupaten Dompu Periksa Kesehatan Siswa SD

Ketua Tim UKS Puskesmas Kota Kabupaten Dompu, Fauziah S.KM saat Menyuluh Siswa SDN 2 Dompu. RIS


Dompu, Berita11.com— Untuk menjaga kesehatan siswa dan siswi sekolah, tim Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dari Puskesmas Kota, Kabupaten Dompu, Selasa (4/9/2018) melakukan kegiatan penjaringan dan pemeriksaan kesehatan untuk siswa khusus kelas 1 di SDN 2 Dompu.

Petugas yang melakukan pemeriksaan yang terdiri dari dr. Gigi, Promkes gizi, sanitarian, perawat umum dan perawat mata. Selain pemeriksaan kesehatan, siswa juga diberikan obat cacing, penyuluhan cuci tangan pakai sabun dan melakukan operasi lingkungan sekolah.

“Menskriming siswa kelas 1, kami periksa kesehatan mata, gigi, mulut, fisik beserta seluruh tubuh,” ujar Ketua tim UKS Puskesmas Kota, Kabupaten Dompu, Fauziah, S.KM kepada Berita11.com di sela-sela kegiatannya.

Menurut Fauziah, penjaringan pemeriksaan merupakan program rutin setiap tahun dan hasil pemeriksaan akan ditindaklanjuti guru selaku wali murid agar diberitahukan ke orang tua siswa.

“Hasil pemeriksaan ini kami beritahukan ke wali kelasnya. Kemudian wali kelas menyampaikan ke orang tua siswa, Jika diketemukan siswa yang mengalami penyakit amande atau penyakit gigi, agar dibawa ke Puskesmas,” kata Fauziah.

Sementara itu, Kepala SDN 2 Dompu, Nurdin AR, S.Pd.SD saat ditemui Berita11.com di ruang kerjanya mengapresiasi  adanya program tersebut.

Tim UKS Puskesmas Kota Kabupaten Dompu saat Memeriksa Gigi Siswa. Foto RIS.
“Dengan adanya program yang diadakan Puskesmas Kota ini, saya selaku kepala sekolah di sini sangat berterima kasih dan saya sangat mendukung. Melalui program ini kita tahu siswa dan siswi kita yang mengalami penyakitnya bisa kita menindaklanjutinnya,”  ujarnya. [RIS]

No comments