Breaking News

Warga Dompu Temukan Mortir Aktif Sisa Perang Dunia II

Mortir Aktif yang Diduga Peninggalan Perang Dunia II Ditemukan Warga Dompu. Kolase Berita11.com.


Dompu, Berita11.com—Mortil aktif diduga peninggalan Perang Dunia II ditemukan pemburu burung,  R. Ikbal Hamidun (38 tahun), warga Dusun Saka Desa Manggeasi Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu. mortir tersebut sudah sepekan ditemukan, namun baru baru diserahkan kepada pihak Polres Dompu, Senin (24/9/2018).

Ikbal mengaku menemukan peralatan perang tersrebut pekan lalu saat berburu burung di Gunung Teka Ati Dusun Rasanggaro Kabupaten Dompu.  Saat itu sedang mengambil hasil buruan yang jatuh di dalam semak. Tak berapa lama  terkejut melihat mortir di lokasi tesebut.

“Dia Melihat peluru itu kemudian dibawa pulang dan disimpan di rumahnya, karena merasa kuatir bahwa barang tersebut mirip peluru dan dianggap berbahaya maka Ikbal berniat menyerahkan kepada pihak yang berwajib,” jelas Kepala Sub-Bagian Hubangan Masyarakat Polres Dompu, IPTU Suhatta, SH pada Berita11.com.

Suhatta menjelaskan, proses awal penyerahan mortir tersebut, Ikbal  menghubungi anggota Satuan Intelkam Polres Dompu, Bripda M Arafah untuk mengambil satu peluru mortil yang ditemukannya.

“Setelah barang tersebut diserahkan kemudian dibawa ke Mapolres Dompu untuk diamankan dan selanjutnya melaporkan ke Kasat Intelkam Polres Dompu IPTU Abdul Haris,” katanya.

Setelah pihak Polres menerima barang tersebut,  Kasat Intelkam berkoordinasi dengan Komandan Kompi Brimob Subden 3 Detasemen A IPTU Sudirman SH.  

“Setelah dilakukan koordinasi, unit Jihandak Brimob Subden 3 Detasemen A datang ke Mapolres Dompu untuk melakukan pengecekan dan pembuktian keaktifan barang tersebut,” ungkapnya.

Tim Jihandak Brimob Subden 3 Datasemen A Memeriksa Mortir yang Ditemukan Warga.

Proses  pengecekan barang tersebut,  disaksikan Kapolres Dompu AKBP Erwin Suwondo, SIK, MIK. Setelah itu  diserahkan ke anggota unit Jihandak Subden 3 Detasemen A untuk diamankan di kompi Brimob Subden 3 Detasemen A.

Berdasarkan sejarah Desa Mangge Asi Kabupaten Dompu, diketahui merupakan lokasi lintasan masyarakat Dompu menuju wilayah Desa Monggo, Desa Dena, dan Desa Mpuri Kecamatan Madapangga.  

Di antara Desa Mangge Asi degan So Mangge diperkirakan terdapat kuburan mantan serdadu Belanda sehingga wilayah tersebut  masih erat kaitannya sebagai lokasi peninggalan barang-barang sisa  Perang Dunia II seperti mortir. [RIS]

No comments