Breaking News

BPBD: Dana Tanggap Darurat Akhir Tahun yang Disetujui Rp50 juta, masih Kurang

Kabid Kedaruratan dan Logistik Drs Amiruddin dan Sekretaris BPBD Kabupaten Bima, Indra Nurjaya. Foto US.


Bima, Berita11.com— Meksipun banyak potensi bencana alam akhir tahun, Badan Penanggulangan BencanaDaerah (BPBD) Kabupaten Bima hanya mendapatkan tambahan anggaran tanggap darurat Rp50 juta dalam APBD perubahan. Jumlah tersebut sangat sedikit dari total anggaran ideal paling sedikit Rp200 juta dilihat dari peta potensi bencana alam di Kabupaten Bima.

Hal tersebut diakui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bima Drs Amiruddin. “Anggaran yang disetujui untuk APBD perubahan hanya Rp50 juta. Itu sedikit, padahal sebenarnya idealnya paling tidak Rp200 juta,” katanya di BPBD Kabupaten Bima, Rabu (3/10/2018).

Menurutnya, pada akhir tahun potensi bencana di Kabupaten Bima lebih besar seperti luapan banjir, gempa bumi maupun puting beliung. “Memang akhir akhir tahun potensinya lebih tinggi,” katanya.

Pada APBD murni Kabupaten Bima atau awal semester 2018, pos anggaran tanggap darurat memang mencapai Rp400 juta. Namun pada pembahasan anggaran perubahan, jumlahnya menyusut jauh. [US]

No comments