Breaking News

Diskominfostik Kabupaten Bima Usulkan Titik Internet Gratis

Kepala Diskominfostik Kabupaten Bima, Abdul Wahab Usman, SH, M.Si.

Bima, Berita11.com— Untuk menunjang kebutuhan masyarakat terhadap akses internet, Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfostik) Kabupaten Bima telah mengusulkan sejumlh titik internet gratis di Kabupaten Bima.

Seperti diketahui, kebutuhan akan akses internet dalam masyarkat semakin meningkat seiring berkembangnya teknologi informasi yang semakin akrab dengan berbagai tingkat umum. Berdasarkan data penetrasi pengguna internet dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Tahun 2017,  dari 262 juta populasi penduduk Indonesia, 143, 26 jiwa di antaranya merupakan pengakses internet. Data tersebut juga dipublish oleh Kementerian Kominfo.

“Untuk tahun 2019 kami merencanakan titik internet gratis. Untuk tahun 2018 kemarin sudah untuk beberapa kecamatan seperti di Kecamatan Bolo dan Kecamatan Palibelo,” ujar Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kabupaten Bima, Abdul Wahab SH, M.Si saat kegiatan peningkatan SDM Kelompok Informasi Masyarakat yang digelar di dinas setempat, Senin (8/10/2018).

Mantan Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima ini menjelaskan, penyiapan internet gratis juga sebagai upaya pemerintah dalam mendukung kegiatan Musrembang.

Adapun upaya-upaya lain yang sedang dilakukan Diskominfostik Kabupaten Bima, meminimalisasi area blank spot (tanpa sinyal) provider telepon selular. Secara umum tower telekomunikasi atau base tranceiver station (BTS) hampir merata terbangun di seluruh wilayah Kabupaten Bima. namun masih ada beberapa desa yang belum terjangkau sinya Ponsel seperti di Desa Mawu Kecamatan Ambalawi.

“Permasalahan di sana kita sudah berkali kali melobi pihak provider. Kita juga tanda tangan kesepakatan dengan provider. Tapi untuk wilayah tersebut (Desa Mawu) adalah wilayah yang tidak bisa dibantu oleh pemerintah. Namanya pihak swasta memiliki perhitungan sendiri untuk profit,” jelas Abdul Wahab. [US]

No comments