Breaking News

Kabupaten Bima, Daerah Pertama yang Menerapkan E-Arsip

Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, Anggota FKPD dan Kepala ANRI Foto Bersama saat Peluncuran E-Arsip.



Bima, Berita11.com— Pemerintah Kabupaten Bima meluncurkan arsip elektronik (E-Arsip) usai apel gabungan dan peringatan Hari Kesaktian Pancasila di kantor baru Bupati Bima di Godo Kecamatan Woha, Senin (1/10/2018). Kabupaten Bima adalah satu-satunya daerah di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang pertamakali menenerapkan  E-Arsip.

Menurut Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, penerapan E-Arsip akan mengoptimalkan tata kelola dokumen kearsipan daerah.

“Selama ini meskipun dilakukan secara manual, OPD telah memiliki kesadaran akan pentingnya menata dan menjaga arsip,” ujar Hj Indah Dhamayanti Putri saat peluncuran E-Arsip lingkup Kabupaten Bima.

Dikatakannya, arsip menjadi acuan bagi perangkat daerah dalam tata kelola kearsipan secara terpusat. “Sehingga dapat diawasi melalui satu sistem aplikasi yang bermuara bagi kemudahan akses arsip dalam tugas kedinasan maupun pemenuhan kebutuhan informasi masyarakat,” katanya dikutip Kepala Bidang Komunikasi Publik dan Desiminasi Informasi Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kabupaten Bima, Suryadin, S.Si, M.Si.

Dalam sambutannya, Bupati Bima juga mengatakan launching arsip elektronik Kabupaten Bima secara nasional merupakan momentum yang pertama dihadiri secara langsung Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Pada kesempatan tersebut,  Bupati Bima menginstruksikan agar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bima terus melakukan inovasi, baik melalui perlombaan maupun pembinaan kepada OPD agar kemampuan pengelolaan arsip berbasis elektronik semakin optimal yang disesuaikan dengan standar nasional.

Launching E-Arsip lingkup Kabupaten Bima  turut dihadiri Wakil Bupati Dahlan M. Noer, Kepala Arsip Nasional RI, DR H Irawan Mustari,  MPA, Ketua DPRD Murni Suciyanti,  Forum Komunikasi Pimpinan Daerah,  dan Kepala Biro Humas ANRI Gurandhyka. [AN]

No comments