Breaking News

Pemkab Bima Genjot Persiapan CAT untuk Penerimaan CPNS

Proses Seleksi CPNS Menggunakan Commputer Assisted Test. Image Source Joglosemar.

Bima, Berita11.com— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima menggenjot persiapan teknis seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 lingkup Pemkab  Bima. seperti diketahui Pemkab Bima menyiapkan 352 formasi untuk para pelamar.

Persiapan teknis penerimaan dan pelaksanaan Computer Assisted Test (CAT) proses seleksi CPNS lingkup Pemkab Bima dibahas dalam rapat bersama yang dipimpin Sekretaris Daerah Kabupaten Bima, Drs HM Taufik HAK, M.Si. rapat persiapan juga dihadiri Kapolres Bima AKBP Bagus Satrio Wibowo, Kepala BKD Kabupaten Bima, Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Bima dan Kepala Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima.

Sekda Kabupaten Bima, HM Taufik menjelaskan,  rapat bertujuan mengkomunikasikan hal-hal yang bersifat teknis dan formasi, persiapan jadwal dan berkaitan pelaksanaan seleksi.  
Dikatakannya, sesuai jadwal, pendaftaran CPNS dilaksanakan secara online melalui portal Panselnas (SSCN) mulai  19 September dan berakhir 21 Oktober 2018.

“Tidak ada lagi berkas dibawa. Karena bisa mendaftar melalui portal Panselnas. Pelaksanaan tes dilaksanakan pada 26 Oktober, di mana pelaksanaan  peserta CPNS akan menggunakan Computer Assisted Test atau CAT,” ujarnya seperti dikutip Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten  Bima, Hj Sita Arna.

Taufik menjelaskan, sistem CAT pada proses seleksi CPNS  merupakan metode seleksi menggunakan komputer untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS, karena standar kompetensi dasar diperlukan untuk mewujudkan profesionalisme Pegawai Negeri Sipil.

Adapun formasi yang disiapkan Pemkab Bima pada proses rekruitmen CPNS tahun 2018 sebanyak 352  formasi yang terdiri dari umum 208 kuota, meliputi tenaga guru, tenaga kesehatan dan tenaga teknis lain, sedangkan  formasi Khusus (K2) sebanyak  144 kuota yang berasal dari tenaga guru, tenaga kesehatan dan tenaga teknis lainnya.

Sesuai jadwal pemerintah, pelaksanaan seleksi CPNS tahun 2018 lingkup Pemerintah Kabupaten Bima  akan dilaksanakan di gedung kampus vokasi Unram  di Desa Sondosia Kecamatan Bolo Kabupaten Bima.

Taufik  berharap melalui proses seleksi yang menggunakan sistem CAT akan menghasilkan output Aparatur Sipil Negara yang berdedikasi dan berkompetens sehingga dapat melaksanakan tugas melayani masyarakat. 

Sementara itu, Kapolres Bima AKBP Bagus Satrio Wibowo, S.IK menyatakan pihaknya siap mengamankan seluruh tahapan proses seleksi CPNS di Kabupaten Bima.

“Dalam pelaksanaan tes, nantinya kami akan menempatkan jajaran kami di setiap ruangan tempat pelaksanaan tes sehingga dari penempatan tersebut dalam rangka menyukseskan pelaksanaan tes CPNS dengan baik dan akuntabel,” katanya.

Bagus  semua pihak mengikuti proses seleksi sesuai prosedur dan menjaga keamanan selama prose seleksi berlaangsung sehigga tidak ada kegaduhan. [AN]

No comments