Breaking News

Pemkab Bima Janji Atasi Potensi Kelangkaan Pupuk saat Musim Tanam

Kasubag Informasi dan Pemberitaan Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, Zainuddin SS.

Bima, Berita11.com-- Pemerintah Kabupaten Bima mengisyaratkan akan mengantisipasi potensi kelangkaan pupuk yang dibutuhkan petani saat menjelang musim tanam akhir tahun 2018 ini.

Kepala Sub-Bagian Informasi dan Pemberitaan, Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Bima, Zainuddin, SS mengatakan, upaya-upaya antisipasi yang dilakukan pemerintah daerah berkaitan masalah potensi kelangkaan pupuk yaitu berkoordinasi dengan sejumlah instansi teknis.

"Hal-hal yang bisa diatur oleh pemerintah daerah tentu akan disiapkan upaya-upaya antisipatif seperti masalah kelangkaan pupuk saat memasuki musim tanam, "ujar Zainuddin di kantor Bupati Bima, Rabu (10/10/2018).

Menurutnya, hal lain yang bisa dilakukan pemerintah daerah dengan melaksanakan pengawasan terhadap distribusi pupuk. "Kalau berkaitan barang barang yang bisa diatur oleh pemerintah daerah tentu akan diatur. Pemerintah akan mengawasi sebagai bentuk perhatian terhadap petani," katanya.

Berkaitan dengan masalah harga bawang merah yang terus anjlok dan kebijakan impor bawang merah oleh pemerintah pusat, Zainuddin menyatakan pemerintah daerah tidak dapat mengintervensi kebijakan itu. Regulasi dan undang-undang membatasi kewenangan pemerintah daerah.

"Kalau berkaitan dengan kebijakan pemerintah pusat, pemerintah tidak memiliki kewenangan untuk itu," katanya.

Kendati demikian, Pemkab Bima tetap berupaya berkoordinasi dengan pemerintah pusat melalui kementerian berkaitan. Salah satunya berkoordinasi dengan pihak Bulog untuk mengatasi permasalahan harga bawang merah yang merosot dihadapi para petani. [US]


No comments