Breaking News

Seperti ini Pemandangan Malam Hari di Ibu Kota Kabupaten Bima, PPJ Menguap ke Mana?

Saat Malam Hari Kondisi Jalan Raya di Depan Kompleks Kantor Pemkab Bima Sangat Gelap. US

Bima, Berita11.com-- Anda mungkin sering melintasi jalan negara di depan kantor Bupati Bima, Godo Dadibou Kecamatan Woha Kabupaten Bima. Jangan heran saat malam hari penerangan jalan di lokasi tersebut sangat kurang sehingga terkadang membuat kesannya angker. Lalu ke mana pajak penerangan jalan (PPJ) yang menjadi sumber utama pendapatan daerah yang bahkan angkanya fantastis mencapai miliaran rupiah?

Hal tersebut merupakan pertanyaan beberapa warga Kabupaten Bima.
"Kami heran, sepanjang jalan negara di depan kantor Bupati Bima sudah lama dibiarkan tanpa penerangan malam hari. Itu rawan, apalagi saat tanpa purnama. Bisa mengundang kejahatan, terutama saat kondisi lengang," ujar Syarif, warga Kabupaten Bima, Rabu (10/10/2018).

Pelajar salah satu sekolah di Kota Bima ini mengaku heran mengapa memasang penerang di sepanjang jalur jalan negara. Padahal rutin menarik pajak penerangan jalan dari setiap warga yang menjadi konsumen perusahaan listrik.

"Kami pernah membaca pemberitaan itu pajak penerangan jalan sampai miliaran rupiah. Mestinya ada timbal baliknya dong untuk masyarakat. Bayangkan saat musim hujan nanti ketika malam hari dalam kondisi jalan yang gelap. Itu rawan mengundang kejahatan maupun  keselamatan berlalu lintas," ujar remaja yang sering pulang malam ke wilayah Kabupaten Bima ini.

Pemandangan Setelah Petang di Kompleks Kantor Pemkab Bima. Foto US.

Hal yang sama juga ditanyakan warga Desa Talabiu Kecamatan Woha, Hamzah. Ia menyoal sebagian banyak wilayah Kabupaten Bima tanpa penerangan memadai. Bahkan di pusat kantor pemerintahan.

"Itu sebenarnya rawan mengundang kejahatan. Palingan titik yang terang saat tanjakan Panda dan belasan titik di Dadibou sama sekitar RSUD Sondosia Bolo. Itupun banyak lampu yang mati, belum diganti. Kami minta ini diperhatikan pemerintah daerah," desaknya.

Pemilik warung di depan kantor baru Bupati Bima di Godo Dadibou juga menyoal masalah penerangan jalan di depan kantor pemerintah.

"Kami juga tidak tahu mengapa lampu lampu di depan sini dimatikan. Mungkin sengaja kali yah," ujar pemilik warung asli berdarah Bandung dan Bima.

Secara terpisah, Kasubag Informasi dan Pemberitaan Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Bima, Zainuddin menyatakan, secara bertahap pemerintah daerah akan membenahi fasilitas dan infrastruktur di Kabupaten Bima, termasuk penerangan jalan di depan kantor Bupati Bima.

"Secara bertahap pemerintah daerah akan membenahi itu, termasuk penerangan jalan. Tidak bisa semuanya langsung sekaligus," ujar Zainuddin.

Sebelumnya, permasalahan kondisi jalan negara di wilayah Kabupaten Bima sekitar kompleks kantor Pemerintah Kabupaten Bima juga pernah disampaikan langsung oleh warga Desa Donggo bolo Kecamatan Woha Kabupaten Bima, yang juga wartawan Bima Ekspress, Hermansyah kepada Bupati Bima saat FGD yang digelar Bakesbangpol Kabupaten Bima di lesehan Bima Tirta.

Masalah jalan raya yang gelap tanpa penerangan beberapakali memicu kecelakaan lalu lintas terutama di persimpangan Desa Donggobolo, di Jalan Lintas Sumbawa dan di sekitar kantor baru Bupati Bima. [US]

No comments