Breaking News

Tuntaskan Pendidikan, 521 Mahasiswa STKIP Taman Siswa Bima Diwisuda

Suasana Rapat Senat Terbuka Wisuda Sarjana Angkatan XII STKIP Taman Siswa Bima, Sabtu (6/10/2018).


Bima, Berita11.com— Sebanyak 521 mahasiswa Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Taman Siswa Bima dari sejumlah program studi (Prodi) yang menuntaskan pendidikan, diwisuda di Auditorium Sudirman Kabupaten Bima, Sabtu (6/10/2018). Salah satu peserta wisuda angkatan XII STKIP Taman Siswa adalah mahasiswa berkebutuhan khusus (disabilitas) dengan prestasi memuaskan.

Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dr Ibnu Khaldun, M.Si mengatakan, wisuda angkatan ke-12 tahun 2018 kampus setempat istimewah. Karena STKIP Taman Siswa Bima juga meluluskan mahasiswa Prodi S1 Pendidkan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

STKIP Taman Siswa Bima adalah satu-satunya dan merupakan kampus pertama yang membuka program studi tersebut.  “Kali ini spesial kalau didekatkan degann Asian Games, kita mendapatkan emas. Tiga tahun kepemimpinan saya kita mendapatkan pencapaian-pencapaian setelah reformasi kelembagaan,” ujar Ibnu di STKIP Taman Siswa Bima.

Ada banyak perubahan-perubahan untuk mendongrak mutu dan prestasi yang dilakukan kampus STKIP Taman Siswa Bima. termauk penggunaan aplikasi online seperti sistem informasi akademik dan berbagai bentuk lain.

“Kita akan memulai dari penggunaan aplikasi online mengikuti industri 4.0  Bahwa proses input itu sudah menggunakan aplikasi ini, cara kami menerjemahkan, melakukan perubahan-perubahan mengikuti apa yang menjadi tuntutan perubahan industry,” kata mantan staf ahli DPR RI ini.

Menurut Ibnu, wisuda ke-12 STKIP Taman Siswa juga istimewah karena kampus setempat mampu menjawab kebutuhan pasar kerja dengan menyiapkan program studi-program studi unggulan seperti PGSD dan Prodi Pendidikan Teknologi Informasi. Saat ini  lulusan S1 PGSD merupakan salah satu formasi terbanyak untuk penerimaan CPNS tahun 2018.

“Seiring dengan itu harapan kami masyarakat bisa melihat bahwa STKIP Taman Siswa Bima bisa menjawab kebutuhan masyarakat dengan membuka program studi yang dibutuhkan seperti pada perekrutan CPNS,” kata Ibnu.

Di luar upaya-upaya tersebut, beberapa  perubahan mendasar dan progres yang diraih kampus STKIP Taman Siswa Bima  yaitu berbagai prestasi tingkat daerah, nasional dan internasional. Salah satunya dengan mendapatkan puluhan hibah standar nasional seperti praktik micro teaching. Selain itu, hibah untuk pengembangan sumber daya manusia. Mahasiswa STKIP Taman Bima kerap mendapatkan beasiswa dari Dikti dan mengikuti seminar dan berbagai kompetisi tingkat nasional dan internasional.

“Untuk hibah sumber daya manusia itu, dosen kami ada 29 berkompetisi di tingkat nasional bahkan regional itu mendapatkan kesempatan skala nasional maupun secara rasional,” tambah Ibnu.

Selain ratusan orang tua peserta wisuda, rapat senat terbuka STKIP TamanSiswa Bima juga dihadairi Asisten 1 Setda Kabupaten Bima, H Qurban, Wakil Kapolres Bima, Kompol Abdi Mauludin, S.Sos, Komisioner KPU Kabupaten Bima, SH MH dan sejumlah pejabat lain serta pihak Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VIII.

Sejumlah pejabat yang hadir tersebut memberikan ucapan selama kepada peserta wisudawan berkebutuhan khusus (disabilitas) dan sejumlah wisudawan terbaik.

Adapun  wisudawan terbaik angkatan XII STKIP Taman Siswa Bima yaitu Nurul Uyun dengan judul skripsi Kontribusi Guru dalam Pembentukan Karakter Melalui Sastra Anak pada Siswa Kelas IV SDN Negeri Bajo Soromandi, kemudian Dwi Utama Sulastri dengan judul skripsi Pengembangan Buku Ajar Matematika SMA Kelas XI Semester II Berbasis Drill dan Kontekstual untuk MA Darul Hikmah Tente.

Wisudan terbaik lainnya dari S1 PGSD, Umi Shifaturrohman dengan judul skripsi Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Negeri Bajo Kabupaten Bima, kemudian Ruwaidah dengan judul skripsi Analisis Kurikulum Guru Sekolah Dasar Dalam Menciptakan Kurikulum 2013 di SDN Belo Tahun Pelajar 2017/2018. Wisudawan terbbaik lain, Sunarti dengan judul skiripsi Upaya Penanggulangan Anak Buta Aksara Melalui Permainan Pasangan Minimal dengan Menggunakan Metode Kerja Kelompok pada Siswa Kelas V SDN 47 Kota Bima,  Adhar dengan judul skripsi The Analysis of Doctor Zakir Naik Politiness in Debate with Doctor Williamp Campbell.

Sementara itu wisudawan terbaik ke-7 yaitu Al Magfirah dengan judul skripsi The Use of Emily Dicknson’s Poems to Improve the Stundents Literal and Non-Literal Meaning The Eleventh Grade Student of SMA Kae Woha. Dari jurusan yang sama, S1 Pendidikan Bahasa Inggris, wisudawan terbaik lain Wulandari Putri Buana Sakti dengan skripsi berjudul The Analysis of Students Politeness in Interaction on Facebook at the Fourth Semester Stundents of STKIP Taman Siswa Bima.  wisudawan terbaik lain, Eka Rahmawati dengan judul skripsi Pengaruh Pendekatan Problem Posing dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Representasi dan Minat Belajar Matematis Siswa.

Nurminsyati, wisudawan terbaik lain mengangkat skripsi berjudul  Pengaruh Metode Student Facilitator and Explaining dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas X SMAN 1 Madapangga. Wisudawan terbaik Dita Purdianti mengangkat skripsi berjudul Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software Autoplay pada Mata Pelajaran TIK degnan Problem Solving di SMPN 1 Woja Dompu. Wisudawan terbaik berikutnya, Erfinawati mengusung judul skripsi Sejarah Pendidikan Islam Masa Khulafaur Rasydin.

Wisudawan terbaik terakhir, Suhayah mengangkat skripsi berjudul Pengaruh Latihan Interval 50 Meter Terhadap Lari 400 Meter pada Klub Atletik Kuda Terbang Kota Bima 2018. [US/*]


Foto-Foto Kegiatan Wisuda Angkatan XII STKIP Taman Siswa Bima









No comments