Breaking News

Awal Tahun hingga November 2018, Polres Bima Tangani Puluhan Kasus Pencabulan

Kepala Satuan Reskrim Polres Bima, AKP Dhafid Shidik SH, S.I.K. Foto US Berita11.com.

Bima, Berita11.com— Satuan Reserse dan Kriminal (Reskrim) Kepolisian Resor (Polres) Bima tercatat menangani puluhan kasus pencabulan anak sejak awal Januari hingga November 2018.  Kasus terbaru di antaranya pencabulan terhadap 11 anak oleh marbot di Desa Panda Kecamatan Palibelo dan kasus pencabulan terhadap pelajar SMP asal Desa Ngali Kecamatan Belo.

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Bima, AKP Dhafid Shidik SH, S.I.K menjelaskan, dari sejumlah kasus pencabulan anak yang tersangkanya melibatkan anak yang ditangani aparat setempat, sebagian besar diupayakan diversi sesuai amanat Udnang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak.

“Pencabulan yang tersangkanya anak-anak kita lakukan diversi sesuai perintah Undang-Undang. Itu artinnya dilakukan upaya perdamaian kedua belah pihak dengan mengedepankan pembinaan dan saling menguntungkan, tidak ada yang dirugikan,” ujar AKP Dhafid Shidik di Mako Polres Bima, Kamis (8/11/2018).

Untuk proses diversi kasus yang melibatkan anak, Satuan Reskrim Polres Bima juga rutin berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan pihak Rutan.

“Kita laksanakan diversi dengan mengundang Dinas Sosial dan Lapas. Kemarin juga ada yang dari Sumbawa Besar dari Bapas melakukan supervisi bahwa kewenangan di sini hanya memberitahukan saja, selebihnya yang perkara anak-anak yang tersangkanya anak semuanya dilakukan pendampingan dari Sumbawa,” ujar Dhafid.

Dhafid menambahkan, jika pada tingkat penyidik proses diversi tidak berjalan, maka pada proses lanjutkan atau pada saat sidang tetap akan ditawarkan diversi oleh pihak pengadilan.

“Begitu juga kalau tidak dapat ketemu, di pengadilan akan ditawarkan. Hasilnya kalaupun disidangkan itu putusannya dua dikembalikan ke orang tua atau dilakukan pembinaan di Mataram di Lapas Anak, dibina di sana,” katanya. [US]

No comments