Buat Peta Kerawanan TPS, ini Upaya-upaya Polres Bima Menghadapi Pilkades dan Pemilu

Iklan Semua Halaman

.

Buat Peta Kerawanan TPS, ini Upaya-upaya Polres Bima Menghadapi Pilkades dan Pemilu

Rabu, 28 November 2018
Kapolres Bima, AKBP Bagus Satrio Wibowo, S.I.K. Foto Ahmad Berita11.com.


Bima, Berita11.com— Tidak hanya mengatensi pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Kepolisian Resor (Polres) Bima akan berbuat maksimal mengamankan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak puluhan desa di KabupatenBima

Kapolres Bima, AKBP Bagus Satrio Wibowo, S.I.K menjelaskan, pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkades dan Pemilu 2019 akan disesuaikan peta kerawanan wilayah.

“Tingkat kerawanan di TPS berbeda-beda. Dari TPS-TPS disusun rawan 1 dan rawan 2. Dari pengkategorian ini kita sesuaikan dengan jumlah personil,” kata Bagus di Mako Polres Bima, Selasa (27/11/2018).

Dikatakannya, selain memastikan keamanan di TPS, pihaknya telah melaksanakan upaya-upaya menciptakan Pilkades aman dan Pemilu damai.  Sejumlah upaya itu seperti sosialisasi kepada masyarakat, safari di sejumlah wilayah.

Selain itu, pihaknya juga telah membuat kesepakatan bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bima, melaksanakan kopi pagi bersama (cofee moring) sebagai wadah bertukar informasi dan berdiskusi membahas permasalahan menghadapi Pemilu 2019.

Sementara itu, sebelumnya Pemerintah Kabupaten Bima telah meluncurkan Pilkades serentak tahun 2018. Sesuai jadwal yang telah disusun pemerintah, terdapat 53 desa yang akan melaksanakan pemilihan kepala desa secara serentak pada tahun 2018, sedangkan pada tahun 2019 terdapat 82 desa yang akan melaksanakan Pilkades. [US]