Breaking News

Kades di Dompu Diduga Hamili Warga di Luar Nikah, Masyarakat Demo Pemkab

Konsentrasi Massa di Halaman Paruga Nggahi Rawi Pahu Dompu. Foto RIS.


Dompu, Berita11.com— Kepala Desa (Kades) Kampasi Meci Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu, AR diduga terlibat skandal amoral dengan menghamili HT, salah satu warganya hingga hamil. Akibatnya masyarakat desa setempat berang dan berunjuk rasa di DPMPD dan kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dompu. massa meminta Bupati Dompu mencopot AR.

Aksi massa yang menamakan diri Masyarakat Desa Kampasi Meci (MDKM) Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu karena merasa resah atas perbuatan oknum pemimpin mereka di desa.

“Rentetan kasus yang dilakukan oleh oknum Kades telah membuat resah kami sebagai masyarakat dan kami berharap agar pihak berwajib untuk segera memproses hukum kasus tersebut secara tuntas,” teriak Anas, salah satu anggota massaa dalam orasinya.

Anas mengaku kuatir, kasus amoral yang dilakukan sang oknum Kades terulang. “Kami tidak mau kejadian asusila dan amoral ini terjadi lagi di desa kami. Kami tidak mau desa kami tercoreng dan kehadiran kami disini murni atas hati nurani dan tidak mempunyai muatan politik apapun serta kepentingan tertentu,” ujarnya.

Setelah melakukan orasi beberapa menit di depan DPMPD Kabupaten Dompu, massa diterima Kepala Bidang Pemerintah Desa dinas setempat, Muhammad Ali, SE  untuk dialog. Dalam dialognya Ali menyatakan bahwa tuntutan massa akan dilaporkan ke atasannya kemudian pihaknya akan memanggil Kades itu.

“Tuntutan ini kami akan melaporkan ke kepala dinas dan Bupati (Dompu) kemudian kami akan melakukan investigasi dan segera kami panggil oknum Kades terkait. Apapun yang menjadi temuan kami nanti akan dilimpahkan ke Inspektorat,” janjinya.

Setelah melakukan dialog dengan pejabat DPMPD Kabupaten Dompu, massa bergeser menuju Pemkab Dompu dan melanjutkan orasi di depan Paruga Parenta Dana Nggahi Rawi Pahu. Massa kemudian diterima Asisten I Setda Kabupaten Dompu, Sudirman Ahmad, SH, M.Si.

Dalam itu Sudirman mengaku, persoalan tersebut dilaporkan kepada Bupati Dompu.  proses dan tindaklanjutnya  sesuai Undang-Undang yang berlaku.

“Kami ingin menyelesaikan permasalahan ini tanpa menimbulkan masalah baru sehingga tidak menimbulkan kerawanan di Kabupaten Dompu. Dan kami akan berkoordinasi dengan Kepala DPMPD dan memerintahkan kepada Inspektorat untuk melakukan audit khusus permasalahan di Desa Kampasi Meci,” ujar Sudirman.

Sebelumnya, kedua belah pihak antara Kades dan HR sudah menggelar nikah sirih Sabtu (3/11/2018) malam dengan wali hakim MH (kakak ipar HR). Pernikahan sirih itu disaksikan JR dan AH (saudara kandung HR). [RIS]

No comments