Terapkan Pola Persuasif, Babinsa Penatoi Berhasil Amankan Pelaku Pembacokan

Iklan Semua Halaman

.

Terapkan Pola Persuasif, Babinsa Penatoi Berhasil Amankan Pelaku Pembacokan

Senin, 26 November 2018
Setelah Melalui Upaya Persuasif, Babinsa Penatoi, Serma Ismail Berhasil Mengamankan Pelaku Pembacokan.


Kota Bima, Berita11.com— Babinsa Penatoi Koramil 1608-01/Kota, Serma Ismail berhasil mengamankan pelaku pembacokan berinisial RH di Kelurahan Penatoi Kecamatan Mpunda Kota Bima, Minggu (25/11/2018).

Pelaku pembacokan yang terjadi pada Kamis (22/11/2018) di Kelurahan Penatoi tersebut meyerahkan diri kepada Babinsa Desa Penato'i setelah dilakukan pendekatan dan penjelasan serta negosiasi secara persuasif oleh Babinsa setempat kepada orang tua pelaku.

Dandim 1608/Bima, Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra di sela-sela kesibukannya memberikan apresiasi kepada anggotanya Serma Ismail bersama satu orang rekannya.
“Ini prestasi luar biasa, ini sebagai bentuk keberhasilan pembinaan teritorial di desa. Tanpa melalui tindakan kekerasan, berhasil mengamankan pelaku yang dengan sukarela menyerahkan diri kepada Babinsa,” ungkap Bambang.

Menurutnya, seorang Babinsa dengan berbekal kemampuan yang dimiliki harus mengetahui kondisi tentang wilayah desa binaannya baik dari aspek ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya dan pertahanan keamanan sehingga bisa mempermudah dalam memberikan pembinaan kepada masyarakat.

“Apabila ada permasalahan di desa binaannya agar diselesaikan secara kekeluargaan dan persuasif dengan cara-cara yang humanis,” pungkasnya.

Setelah pelaku menyerahkan diri, pihak keluarga meminta kepada Babinsa untuk melindungi pelaku dari amarah keluarga keluarga. Untuk menjaga keselamatan pelaku, Serma Ismail bersama satu rekannya langsung menggiring pelaku ke Polres Bima Kota untuk menghindari amukan massa.  

Sekira pukul 16.30 Wita, pelaku diserahkan kepada anggota Polres Bima Kota Ipda Dediansyah, SE., dalam kondisi sehat. Saat ini pelaku RH sudah berada di Polres Bima Kota untuk proses penyelidikan lebih lanjut.

Diketahui sebelumnya pada Kamis lalu, RH mendatangi rumah korban dengan membawa serta senjata tajam. Kemudian terlibat cekcok. Kemudian pria tersebut membacok pemilik rumah AH (46 tahun), SK (27 tahun) dan seorang wanita berinisial HR. [MR]