250 Orang Terlibat Karya Bhakti Kodim 1608/ Bima

Iklan Semua Halaman

.

250 Orang Terlibat Karya Bhakti Kodim 1608/ Bima

Minggu, 16 Desember 2018

Tak Hanya Menjaga Teritorial Indonesia, TNI dan Rakyat  Selalu Bersama Termasuk saat Karya Bhakti.

Kota Bima, Berita11.com— 250 orang terlibat dalam Karya Bhakti yang diselenggarakan Kodim 1608/ Bima dalam rangka Hari Juang Kartika. Kegiatan berlangsung di Kelurahan Kendo Kecamatan Raba Kota Bima, Jumat (14/12/2018) lalu.

Karya Bhakti jajaran Kodim 1608/ Bima di Kendo dimulai pukul 07.10 Wita, diawali pengecekan personil sekaligus pembangian sektor oleh Komandan Koramil 01/ Rasanae, Kapten Inf Zunaidin, S.Sos.

Kegiatan Karya Bhakti di Kelurahan Kendo meliputi di kuburan 1, kuburan 2 dan Masjid Baitul Ilahi kelurahan setempat. Selain personil TNI dan PNS Kodim 1608/ Bima, kegiatan juga diikuti sejumlah perwira Kodim 1608/ Bima termasuk Kasdim 1608/ Bima, Mayor Inf Hardani, Danramil 1608-01/ Rasanae, Kapten Inf Zunaidin, S.Sos, Pasi Intel Kodim 1608/ Bima, Kapten Inf Seninot Sribakti. Selain itu Lurah Kendo, Surya SP, perwakilan Tim Siaga Bencana Kecamatan Raba, tokoh pemuda, dan masyarakat Kelurahan Kendo.

Masih bagian dari Karya Bhakti dalam rangka Hari Juang Kartika tahun 2018, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Dara, Serma Lasno memberishkan tumpukan sampah di Pasar Amahami. Kegiatan juga diikuti masyarakat dan pedagang di kompleks pasar setempat.

Seperti diketahui sebelumnya, setiap 15 Desember diperingati sebagai Hari Juang Kartika (dulu Hari Infanteri), demi mengohrmati dan menghargai pengorbanan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang gugur dalam perang sengit melawan Kolonial Belanda dan Sekutu dalam perang di Ambarawa Jawa Tengah. Meskipun tak memiliki persenjataan hebat seperti musuh, TKR yang dipimpin Jenderal Besar Sudirman yang kala itu berpangkat kolonel mampu melakukan perlawanan sengit dengan taktik Supit Urang. Pada 15 Desember 1945, tanpa senjata tak sehebat musuh TKR dan laskar rakyat Indonesia mampu memukul mundur sekutu yang juga diperkuat satu batalyon tentara elite Gurkha yang memiliki pengalaman tempur.

Hingga kini kekompakkan TNI dan rakyat selalu tampak termasuk di Bima termasuk melalui sejumlah kegiatan Karya Bhakti. Rakyat begitu cinta terhadap TNI, demikian sebaliknya tentara selalu mengabdi negara dan rakyat melalui upaya pertahanan negara. [AD]