Breaking News

Aksi Koboi di Dompu, Dua Warga Kabupaten Bima Ditangkap Polisi, Tiga Buron

Dua Pelaku Kejahatan dengan Kekerasan asal Bima. Kolase Berita11.com. Sumber Polres Dompu.

Dompu, Berita11.com— Dua dari lima pelaku kejahatan pencurian dengan kekerasan (Curas) yakni AD (36 tahun) asal Desa Nata dan RM (31 tahun) asal Desa Teke Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima berhasil dibekuk oleh Tim Resmob Polres Dompu, Rabu (26/12/2018) lalu.

Buntut dari aksi Curas yang dilakukan lima kawanan Curas tersebut, massa membakar rumah JN, warga Dusun Lepadi, Desa Lepadi, Kecamatan Pajo, Kabupaten Dompu pada Kamis (27/12/2018) malam. Rumah JN diduga menjadi tempat persembunyian kawanan Curas tersebut.

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Kepolisian Resor Dompu, AKP Daniel Partogi Simangunsong, S.I.K, menjelaskan, selain  dua warga Kecamatan Palibelo tersebut, polisi masih memburu tiga pelaku lain yang termasuk dari kawanan Curas terhadap Mardin (37 tahun), warga Dusun Lepadi Desa Lepadi Kecamatan Pajo Kabupaten Dompu.

Tiga tersangka yang masih diburu masing-masing inisial MA, warga 25 tahun asal Desa Rade Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima, IW (40 tahun) alamat Desa Tambe Kecamatan Bolo dan MN (23 tahun) alamat Desa Nata Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima yang telah ditetapkan polisi sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO).

Saat menangkap RM dan AD, polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti kejahatan yaitu kunci leter T, dua parang jenis Pattimur dan golok, cadar warna hitam, dan sepasang sarung tangan warna hitam.

Berdasarkan kronologis aksi Curas terhadap Mardin yang disusun polisi dan dihimpun dari keterangan korban, peristiwa kejahatan terjadi pada Sabtu (22/12/2018) dini hari sekira pukul 03.30 Wita. Saat itu korban yang sedang tidur tiba-tiba dibangunkan istrinya, Nur yang mendengar suara kucing.

Tak lama kemudian, korban keluar kamar dan tiba-tiba ditodong dengan pistol oleh pelaku. Sesaat kemudian pelaku sempat menekan pelatuk pistol, namun tidak berbunyi sehingga akhinya korban dibantu istrinya berupaya melawan.

“Tiba-tiba teman pelaku datang sambil mengayunkan parang dan mengatakan diam, mau saya bunuh  langsung Sdri Nur mengatakan iya kami menyerah,” kata Kasat Reskrim Polres Dompu dikutip dari press release yang dirim petugas Polres Dompu.

Setelah itu, pelaku membacok Mardin  sehingga korban mengalami luka pada telapak kaki kiri. Kendati demikian,   korban tetap melawan pelaku hingga melarikan diri.  Korban melihat kelaku sebanyak tiga orang, dua orang menggunakan topeng dan satu orang tidak menggunakan topeng.

Pelaku yang tidak menggunakan topeng dikenali korban atas nama Mone yang tinggal di rumah JN. Setelah itu, korban memeriksa barang miliknya yang telah hilang. Sejumlah barang korban yang hilang dicuri yaitu Rp20 juta, android Oppo A83 dan Ponsel Nokia. Pasca perisitwa tersebut, korban melaporkan  kejadian kepada petugas Polsek Pajo.

Berdasarkan laporan tersebut, Tim Polres Dompu memperoleh informasi jika pelaku Curas RM dan AD sedang brerada di Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima. tim kemudian bergegas menuju Palibelo Kabupaten Bima dan berhasil menangkap pelaku setelah memancing keluar dua pelaku tersebut.

Saat ditangkap, pelaku berinisial AD berupaya melawan petugas dan melarikan diri sehingga Tim Resmob Polres Dompu terpaksa menembak bagian selangkapan kaki kanan pelaku. Dua pelaku dan sejumlah barang bukti kemudian dibawa ke Mako Polres Dompu. [RIS]

No comments