Aktivis Tolak Tambang Timah Hitam di Dompu

Iklan Semua Halaman

.

Aktivis Tolak Tambang Timah Hitam di Dompu

Rabu, 19 Desember 2018
Kabid Amdal DLH Kabupaten Dompu Andy Bahtiar ST Menjawab Tuntutan Massa. Foto RIS.

Dompu, Berita11.com— Sejumlah aktivisi yang tergabung dalam Aliansi Gerakan Pemuda untuk Rakyat Kecamatan Pajo dan Lembaga Rakyat (LERA) Kabupaten Dompu menggelar aksi unjuk rasa di depan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Dompu, Senin (17/12/2018). Massa mendesak pemerintah daerah segera membidik aktivitas tambang timah hitam (galena/ Pbs) di Kecamatan Pajo.

Koordinator massa, Slamat Abadi Sentosa, SE mengungkapkan, aktivitas tambang timah hitam ilegal di Kecamatan Pajo sudah berlangsung lama. Namun luput dari pengawasan Dinas Lingkungan Hidup. Bahkan Slamat menuding dinas setempat berkonspirasi dengan oknum tertentu.

“Aktifitas tambang galena sungguh tidak ada pertanggungjawaban dari LH. Pemerintah Kabupaten Dompu telah memperkaya diri dengan membiarkan tambang galena ilegal. Penetapan harga dan alat angkut galena sudah ditentukan oleh oknum-oknum tertentu,” tuding Slamat Abadi.

Menurutnya, ada beberapa pihak investor yang membekingi praktik ekploitasi tambang timah hitam ilegal di Dompu. untuk itu, pihaknya mendesak DLH menerapkan standar peraturan yang berlaku demi menjaga kelestarian sumber daya alam di Bumi Nggahi Rawi Pahu.

“Ini adalah langkah awal kami untuk memberantas para praktek tambang galena bahwa keberadaan Dinas LH tidak berfungsi secara maksimal dengan membiarkan tambang ilegal tersebut berjalan,” katanya.

Sementara itu,  Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dompu H. Albuhairum, S Sos, M.Si melalui Kepala Bidang Amdal, Andy Bahtiar ST mengatakan dalam tak lama lagi pihaknya akan mengeluarkan  surat permintaan pemberhentian aktivitas tambang timah hitam di Kecamatan Pajo.

Menutunya, DLH  baru mengetahui adanya tambang mineral sulfida itu. Padahal sudah  beroperasi sudah bertahun-tahun.

“LH akan mengeluarkan surat pemberhentian tambang ilegal tersebut, tetapi dalam masalah penindakan bukan pekerjaan LH dan DLH baru mengetahui bahwa ada tambang galena di wilayah Kecamatan Pajo. DLH tidak tahu karena  tidak ada laporan dari masyarakat atau perangkat desa setempat,” kata Andy Bahtiar.

Seperti diketahui galena adalah mineral timbal suflida dengan komposisi PbS dan termasuk logam berat. Galena merupakan bijih utama timbal atau timah hitam.  Galena banyak ditemukan dalam batuan beku dan metamorf. [RIS]