Banyak Situs Bersejarah, Kabupaten Dompu Butuh Museum

Iklan Semua Halaman

.

Banyak Situs Bersejarah, Kabupaten Dompu Butuh Museum

Redaksi Berita11
Rabu, 19 Desember 2018
Kesultanan Dompu pada Masa Lampau. Foto Istimewah.


Dompu, Berita11.com— Kabupaten Dompu memiliki banyak situs bersejarah dan barang-barang peninggalan kerajaan. Hal itu juga menjadi magnet hadirnya tim Balai Arkeologi Denpasar Bali. Namun hingga kini Bumi Nggahi Rawi Pahu belum memiliki museum untuk melestarikan benda-benda bersejarah itu.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata Kabupaten Dompu, Wahyono mengatakan, sesuai isyarat Badan Arkeologi Nasional yang diperkuat Balai Arkeologi Denpasar Bali, pemerintah akan membangun rumah peradaban di Kabupaten Dompu.

“Hanya saja tempat dan waktu pembangunannya yang belum dipastikan,” kata Wahyono kepada Berita11.com di Dompu, Selasa (18/12/2018).

Tak hanya membangun rumah peradaban, saat melaksanakan penelitian di Kelurahan Kandai Satu di Kecamatan Dompu, tim Balai Arkeologi Denpasar Bali juga mengisyaratkan akan membangun museum mini di kelurahan tersebut.

“Begitu juga dengan informasi yang kami dapat Kelurahan Kandai Satu, bahwa mereka juga akan membangun meseum mini untuk memperkuat keberadaan Dompu dan kebudayaan kita,” katanya.

Wahyono yakin bahwa Dompu memiliki budaya sendiri yang dikatakan seperti tagline dou Dompu adalah dou ndai  yang artinya  orang Dompu adalah orang kita.
Itulah alasannya bagaimana untuk mewujudkan kemajuan budaya sesuai Undang-Undang Nomor 5 tahun 2017 tentang kemajuan kebudayaan. Daerah diwajibkan memiliki dan mengembangkan serta melestarikan kebudayaan di daerah itu sendiri.

“Mudah-mudahan kita memiliki meseum yang representatif yang memenuhi syarat untuk penyimpanan benda-benda peninggalan yang kita miliki tentang sejarah dan budaya Dompu masa lalu,” harapnya. [RIS]