Fakta-fakta Porprov X NTB, Api Pembukaan Diambil Langsung dari Gunung Sangiang

Iklan Semua Halaman

.

Fakta-fakta Porprov X NTB, Api Pembukaan Diambil Langsung dari Gunung Sangiang

Senin, 10 Desember 2018
Bupati dan Wakil Bupati Bima Memberikan Semangat kepada Para Atlet asal Kabupaten Bima saat Pembukaan Porprov.

Mataram, Berita11.comPekan Olahraga Provinsi (Porprov) X Provinsi Nusa Tenggara Barat yang berlangsung 9-17 Desember 2018 dibuka Wakil Gubernur NTB Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah di KEK Mandalika, Lombok Tengah, Minggu (9/12/2018). Hal yang menarik adalah api pembukaan Porpov tersebut ternyata diambil langsung dari Gunung Sangiang Kecamatan Wera Kabupaten Bima.

Di hadapan para bupati dan wali kota,  unsur FKPD, Ketua KONI, ketua kontingen dan  para atlet  se-NTB yang berlaga pada Porprov, Wagub Sitti Rohmi mengungkapkan pentingnya  olahraga bagi persatuan bangsa.

Olahraga merupakan salah satu fasilitator terbaik untuk merekatkan bangsa dan fasilitator terbaik untuk meningkatkan kecintaan terhadap bangsa. Di samping merupakan fasilitator terbaik dalam meningkatkan sportifitas bangsa,” katanya seperti dikutip Kepala Bidang Komunikasi Publik dan Desiminasi Informasi, Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kabupaten Bima, Suryadin, SS, M.Si.

Dari aspek prestasi, Sitti Rohmi menjelaskan bahwa atlet NTB telah mencatat prestasi terbaik. Para atlet NTB telah membuktikan diri menjadi bagian dalam melahirkan pahlawan olahraga nasional dengan prestasi yang mendunia,” jelas Wagub mantan Ketua DPRD Lombok Timur ini.

Sebelumnya, Ketua Pengda KONI NTB Andi Hadianto dalam sambutannya mengatakan olah raga tidak sekadar mengharapkan juara. “Tapi dengan olahraga kita akan membanggakan serta mengangkat harkat dan martabat bangsa,” katanya.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kabupaten Bima H Abdul Wahab Usman SH, M.Si yang turut hadir pada pembukaan Porprov tersebut mengatakan,  usai sambutan dilakukan prosesi penyulutan api Porprov oleh atlet juara dunia atletik junior Lalu Muhammad Johri.

Api tersebut  sebelumnya  diambil langsung  dari sumber api  Gunung Sangiang Kecamatan Wera Kabupaten Bima dan diarak keliling oleh 60 orang atlet bersepeda melintasi rute pada 10 kabupaten kota se-NTB dengan jarak tempuh 465 kilometer.

Bupati dan wakil bupati, Sekda dan beberpa pejabat lingkup Pemkab Bima ikut hadir memberi  dukungan semangat kepada kontingen Kabupaten Bima yang akan berlaga pada Porprov X ini,” katanya.

Sebelumnya, sebanyak 438 anggota terdiri dari 296 atlet dan 142 official/pelatih Kabupaten Bima yang dipimpin Ketua Kontingen Dahlan M. Noer dilepas secara resmi oleh Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE, di halaman kantor Bupati Bima, Kamis, (6/12/2018) lalu. [AN]