Pertamina Prediksi Komsumsi Premium saat Tahun Baru Naik hingga 8 Persen

Iklan Semua Halaman

.

Pertamina Prediksi Komsumsi Premium saat Tahun Baru Naik hingga 8 Persen

Redaksi Berita11
Rabu, 26 Desember 2018
Depot PT Pertamina (Persero) Bima. Foto Ahmad.

Bima, Berita11.com—  PT Pertamina Suplai and Distribusi Region V Terminal BBM Bima memprediksi konsumsi bahan bakar minyak jenis gasoline (bensin) menjelang dan saat puncak malam tahun baru di wilayah Bima dan Dompu naik hingga 8 persen.

Secara umum, suplai BBM di wilayah Kota Bima, Kabupaten Bima dan Dompu dalam sepekan solar (gasoil) 2.600 ton, sedangkan bensin 3.00 ton, minyak tanah 100 ton, sedangkan untuk avtur 8 ton per 20 hari.

“Pertamina memprediksi terjadi kenaikan konsumsi produk gasoline sebesar 8 persen,” ujar  General Manager Pertamina Marketing Operation Region V Terminal BBM Bima, Yudi kepada Berita11.com di Palibelo, belum lama ini.

Berbeda dengan gasoline, kebutuhan terhadap gasoil diprediksi justru mengalami penurunan konsumsi hingga 6 persen. Seperti untuk produk solar  dexlite dan Pertamina DEX (Diesel Environment Extra).

Adapun jumlah konsumsi harian terhadap beberapa jenis BBM yaitu premium, solar, Dexlite, Pertalite, Pertamax dan Dexlite mencapai 1.880 kiloliter per hari.

Untuk mengatasi masalah pasokan BBM selama Natal dan tahun baru 2019, Pertamina telah membentuk satuan tugas (Satgas) yang akan berperan khusus memantau dan mengoordinir penyaluran BBM dari loading stock, kelancaran distribusi di jalan raya hingga pemantauan kondisi di lapangan.

Sementara itu, Manajer Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Panda Kabupaten Bima, Syamsul memprediksi tidak terlalu banyak lonjakan konsumsi BBM saat menjelang dan pada puncak malam tahun baru. Karena di sejumlah wilayah Kabupaten Bima dan Kota Bima jumlah SPBU semakin banyak.

“Tidak ada penumpukan di satu tempat. Kami perkirakan tidak ada penumpukan antrean di satu tempat karena sudah banyak SPBU sekarang ini. Kondisinya berbeda kalau lima tahun lalu,” katanya.

Dikatakan Syamsul, setiap menjelang natal dan tahun baru, biasanya pihak Pertamina menginstruksikan kepada seluruh SPBU agar menyampaikan permohonan stok (local order/ LO).

Secara umum, cadangan BBM di SPBU Panda Kabupaten Bima yaitu solar 20 Kl, premium 30 Kl dan pertalite 15 Kl. Jumlah tersebut sesuai kapasitas tangki di SPBU setempat. [AD/US]