Tiga Wilayah dengan Indeks Ketimpangan Sosial Tertinggi, Dompu Termasuk

Iklan Semua Halaman

.

Tiga Wilayah dengan Indeks Ketimpangan Sosial Tertinggi, Dompu Termasuk

Sabtu, 15 Desember 2018
Dr Bagus Takwin Memaparkan Hasil Riset Ketimpangan Sosial di Indonesia. Foto RIS.

Bogor, Berita11.com— Indeks ketimpangan sosial di Indonesia pada tahun 2018 meningkat jika dibandingkan tahun 2017 yang hanya 5,6. Tiga wilayah dengan indeks sosial tertinggi yaitu Timur Tengah Selatan Nusa Tenggara Timur, Kabupaten Dompu Nusa Tenggara Barat dan Pangkajene Kepulauan (Pangkep) Sulawesi Selatan.

Hal tersebut dipaparkan Akademisi Universitas Indonesia, Dr Bagus Takwin yang juga peneliti yang melaksanakan riset ketimpangan sosial di Indonesia saat workshop Storytelling News onSDGs Isuees yang diselenggarakan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia bersama International NGO Forum on Indonesian Development (INFID) di Bogor Jawa Barat, Kamis (13/12/2018).

Baca Juga:

Berdasarkan hasil riset itu, daerah terparah di Indonesia dengan tingkat ketimpangan sosial tertinggi yakni di  Timur Tengah Selatan Nusa Tenggara Timur dengan persentase ketimpangan 100 persen, disusul Kabupaten Dompu 98 persen, dan Pangkep 38 persen.

“Temuan terbaru ada tiga wilayah di Indonesia yang masih mengalami indeks ketimpangan sosial yakni Kabupaten Dompu, Timur Tengah Selatan (TTS) dan Pangkajene Kepulauan,” katanya.

Baca Juga:
Payah Selesaikan Administrasi ADD, 57 Desa di Dompu Terancam Sanksi

Bagus menyebut,  indeks ketimpangan sosial diukur dari aspek atau ranah yang dinilai oleh responden, meliputi kesehatan, kesempatan mendapat pekerjaan, penghasilan, harga benda yang dimiliki, rumah atau tempat tinggal, pendidikan, kesejahteraan keluarga, hukum, keterlibatan dalam politik dan lingkungan tempat tinggal. [RIS]