ARAK Desak Kejari Dompu Tuntaskan Kasus K2

Iklan Semua Halaman

.

ARAK Desak Kejari Dompu Tuntaskan Kasus K2

Senin, 07 Januari 2019
Aksi Unjuk Rasa Aliansi Rakyat Anti Korupsi Kabupaten Dompu Mendesak Penuntasan Kasus K2, Senin (07/01/2019).


Dompu, Berita11.com—Massa yang menamakan diri Aliansi Rakyat Anti Korupsi (ARAK) Kabupaten Dompu, menggelar aksi unjuk rasa  di depan Kejaksaan Negeri (Kejari) dan di depan kantor Bupati Dompu, Senin (7/1/2019) siang. Massa mendesak penuntasan kasus perekrutan pegawai negeri sipil (PNS) melalui jalur kategori 2.

Selain mendesak penuntasan kasus K2, massa juga mendesak aparat penegak hukum segera membidik kontraktor PT Ipasa yang diduga menimbulkan kerugian negara Rp2,5 miliar. Massa juga menyoal dugaan pembobolan Bank NTB yang menimbulkan kerugian negara Rp6,3 miliar.

Salah satu anggota ARAK Kabupaten Dompu, Syamsuddin mendesak aparat Kejari Dompu dan instansi berkaitan segera menuntaskan kasus K2 Dompu.

Menurutnya, pada proses di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) telah memenangkan para penggugat. Demikian halnya pada tingkat Badan Kepegawaian Negara (BKN). Bahkan terkait kasus tersebut aparat telah menetapkan tersangkat, namun hingga kini prosesnya tidak bergulir.

“Bayangkan kasus K2 dua tahun di Polres Dompu, dua tahun di Polda NTB, kemudian sejak Agustus kemarin kasus itu sudah ada di Bareskrim, lalu polisi mana lagi yang harus menangani kasus K2,” katanya.

Pantauan Berita11.com, setelah orasi Syamsuddin alias Some, penyampaian desakan dilanjutkan  aktivis senior di Dompu yang juga mantan anggota legislatif, Ilham Yahyu.

Ia mengatakan, bahwa rakyat kesulitan mendapatkan pencairan pengajuan kredit di BPD NTB karena kas di bank itu telah habis.

Ia menuding uang yang awalnya tersedia di BPD sudah habis dipinjam pengusaha properti sebesar Rp10 miliar. “Dan semuanya sudah ditetapkan tersangka kecuali orang-orang tertentu,” kata Ilham saat orasi.

Ilham mendesak Kejari Dompu mengatensi dan mengungkap dugaan skandal, termasuk kemungkinan keterlibatan orang penting di Dompu.

Setelah berorasi secara pergantian di depan Kejari Dompu, massa kemudian menuju Gedung Parenta Dana Nggahi Rawi Pahu Pemkab Dompu dan melanjutkan. [Nang]