Bappeda Kabupaten Bima Evaluasi Capaian RPJMD

Iklan Semua Halaman

.

Bappeda Kabupaten Bima Evaluasi Capaian RPJMD

Redaksi Berita11
Rabu, 16 Januari 2019
Suasana Rapat Evaluasi RPJMD Kabupaten Bima yang Dilaksanakan Bappeda dan Litbang.


Bima, Berita11.com— Badan Perencana Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Bima mengevaluasi realisasi Rencanan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021 Kabupaten Bima.

“Evaluasi ditujukan untuk mengetahui sejauh mana realisasi sampai dengan tahun ke-3 RPJMD.  Dengan demikian akan dapat dilakukan rasionalisasi target pada sisa tahun periode RPJMD,” ujar Kepala Bappeda kabupaten Bima Drs H Muzakkir, M. Sc saat rapat evaluasi capaian indikator RPJMD Kabupaten Bima di Bappeda Litbang, Selasa (15/1/2019).

Muzakkir menjelaskan rapat evaluasi RPJMD adalah tindak lanjut hasil rapat Bupati  Bima dan Wakil Bupati Bima dengan para Pimpinan OPD  yang digelar Senin lalu.

“Disamping itu,   melalui evaluasi ini maka dokumen perencanaan itu akan menjadi lebih realistis sesuai dengan perkembangan pembangunan Kabupaten Bima  terkini,” kata Muzakkir dikutip Kepala Bidang Komunikasi Publik dan Desiminasi Informasi, Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kabupaten Bima, Suryadin, S.S, M.Si.

Kasubbid Pengendalian Pembangunan Bappeda dan Litbang Kabupaten Bima, Rani Wahyuni, ST, MT, M. Sc menjelaskan,  hasil evaluasi  akan  dikoordinasikan dengan OPD berkaitan  sebagai dasar menentukan langkah strategis selanjutnya.

Ia menambahkan, evaluasi  merupakan bagian penting dari tugas Bappeda terhadap hasil implementasi  perencanaan pembangunan. “Juga  merumuskan kembali (re-formulasi) sebagai bahan input terhadap kebijakan pimpinan,” jelasnya.

Rapat evaluasi RPJMD Kabupaten Bima di Bappeda Litbang  diikuti  seluruh pejabat eselon III, eselon IV dan staf teknis Bidang Perencanaan. [AN]