Belum Ada Calon Anggota DPD RI yang Ambil APK di KPU Kabupaten Bima

Iklan Semua Halaman

.

Belum Ada Calon Anggota DPD RI yang Ambil APK di KPU Kabupaten Bima

Jumat, 11 Januari 2019
Calon Anggota DPD RI. Ilustrasi.


Bima, Berita11.com  Meskipun tahapan kampanye peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 sudah lama berlangsung, hingga kini belum ada calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPD RI) daerah pemilihan Nusa Tenggara Barat yang mengambil alat peraga kampanye (APK) yang dibiayai negara di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima.

Ketua KPU Kabupaten Bima, Yuddin Chandra Nan Arif SH MH menjelaskan, permasalahan tersebut sudah dilaporkan kepada anggota DPD RI, Hj Robiatul Adawiyah SE yang juga peserta Pemilu 2019.

“Beliau sudah keliling tadi, kita masih menunggu logistik itu. Beliau cerita dan menanyakan kendala yang dihadapi selama kampanye, sejauh ini tidak ada kemudian juga beliau mempertanyakan ada APK yang dari calon DPD yang belum diambil sekitar sembilan DPD,” ujar Yuddin di Sekretariat KPU Kabupaten Bima, Kamis (10/1/2019).

Yuddin menjelaskan, penyebab APK calon anggota DPD RI tersebut belum diambil lantaran tidak memiliki penghubung (Liaison Officer/LO) di wilayah Kabupaten Bima. “Kendalanya LO DPD di tingkat kabupaten tidak ada masalahnya, sehingga (APK) tetap kami simpan,” ujar Yuddin.

Berbeda dengan calon anggota DPD RI, meskipun tidak memiliki penghubung di tingkat kabupaten, APK calon presiden dan calon wakil presiden Republik Indonesia telah diambil oleh masing-masing partai politik pengusung.

“Kalau untuk partai politik dan semua calon presiden semua sudah diambil oleh Parpol, yang tersisah dari DPD. Walaupun di Kabupaten Bima tidak ada LO calon presiden dan calon wakil presiden maka partai pengusung kita berikan,” ujar Yuddin. [US]