Diskominfostik Kabupaten Bima Targetkan Infrastruktur Internet 18 Kecamatan Tuntas

Iklan Semua Halaman

.

Diskominfostik Kabupaten Bima Targetkan Infrastruktur Internet 18 Kecamatan Tuntas

Redaksi Berita11
Senin, 28 Januari 2019
Petugas Dinas Kominfostik Kabupaten Bima sedang Memperbaiki Posisi Tower Radio Wi-Fi. 


Bima, Berita11.com—  Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfostik) Kabupaten Bima menargetkan infrastruktur internet 18 kecamatan yang dibangun dengan Program JARKOMDA Kabupaten Bima, Indihome dan Mangosky Telkom tuntas pada tahun 2019.

Sebelumnya, selain merusak rumah warga dan fasilitas umum lainnya, angin kencang yang melanda Kecamatan Donggo Kabuapten Bima beberapa waktu lalu juga menyebabkan koneksi internet Jaringan  Komunikasi Daerah (JARKOMDA) Kabupaten Bima terputus. Sabtu pagi (26/1/2019), atas perintah Kepala Dinas Kominfostik Kabupaten Bima, H. Abdul Wahab H. Usman, SH, M.Si, Tim Technical Support JARKOMDA Kabupaten Bima melaksanakan pemeriksaan lapangan.

Ketua Tim, Muhammad Irfan, ST.,M.Eng, membenarkan  bahwa radio wireless di tower Desa Kala Kecamatan Donggo mengalami pergeseran posisi.

Irfan mengatakan tiga radio wireless yang dipasang petugas Diskominfo semuanya bergeser arah sehingga jaringan terputus. “Alhamdulillah saat ini sudah kembali normal,” katanya dikutip Kepala Bidang Komunikasi Publik dan Desiminasi Informasi, Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kabupaten Bima, Suryadin, SS,M.Si.

Desember 2018 lalu, Dinas Kominfostik Kabupaten Bima telah membangun JARKOMDA untuk mengatasi persoalan akses internet di Kecamatan Bolo, Donggo, Soromandi dan Ambalawi. Untuk mendukung akses internet tersebut, Dinas kominfostik telah membangun tower utama di Desa Kala Kecamatan Donggo.

Kabid PTIK Dinas Kominfostik Kabupaten Bima, Drs. Muhammad membenarkan bahwa di Desa Kala telah dibangun tower. “Tower di Desa Kala  direncanakan untuk menyalurkan akses internet di kecamatan Bolo, Donggo, Soromandi, dan Ambalawi. Alhamdulillah sudah berhasil,” kata Muhammad.

Pada bulan yang sama,  Dinas Kominfostik Kabupaten Bima juga telah membangun tower di Kantor Camat Lambu.

Kasi Infrastruktur TIP Diskominfostik Kabupaten Bima selaku Ketua Tim Tecnical Support JARKOMDA Kabupaten Bima, Muhammad Irfan menambahkan  tower di kantor Camat Lambu dipersiapkan untuk menerima pancaran signal internet dari kantor Camat Sape yang direncanakan pada awal tahun 2019.

“Secara perlahan infrastruktur JARKOMDA Kabupaten Bima (radio wireless) bersama Paket Program Indihome dan Mangosky Telkom di tahun 2019 direncanakan bisa melayani internet di 18 kantor camat se-Kabupaten Bima.

Kadis Kominfostik Kabupaten Bima, Abdul Wahab, mengatakan, sesuai rencana pihaknya pada tahun 2019 ini seluruh akses internet di 18 kecamatan bisa masuk dan melayani kebutuhan birokrasi Pemerintah Kabupaten Bima dengan Program JARKOMDA Kabupaten Bima serta Indihome dan Mangosky Telkom.

“Mudah-mudahan, mohon do’anya semoga sukses,” imbuh Wahab. [AN]