Disnaker Kota Bima Satu-satunya OPD di NTB yang Mengantungi Sertifikat ISO

Iklan Semua Halaman

.

Disnaker Kota Bima Satu-satunya OPD di NTB yang Mengantungi Sertifikat ISO

Redaksi Berita11
Kamis, 10 Januari 2019
Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bima, Drs Jufri M.Si. Foto US Berita11.com.


Kota Bima, Berita11.com— Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Bima adalah satu-satunya organisasi perangkat daerah (OPD) di Nusa Tenggara Barat yang mengantungi sertifikat International Organization for Standardization (ISO) 9001-2015.

Pada Desember 2018 lalu, Disnaker Kota Bima menerima penghargaan standar pelayanan ISO 9001-2015 dari  Dirjend Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Tenaga Kerja Kementerian Tenaga Kerja.


“Mudahan-mudahan dengan standar ini kita bisa semakin mengoptimalkan pelayanan. Di NTB cuma di Kota Bima yang dapat sudah standar ISO 9001-2015,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bima, Drs Jufri M.Si di Disnaker, Rabu (9/1/2019).

ISO merupakan lembaga organisasi non pemerintah, namun kemampuannya untuk menetapkan standar yang sering menjadikan landasan hukum melalui persetujuan dan atau standar nasional membuat lebih berpengaruh dari pada kebanyakan organisasi non pemerintah lainnya.


Untuk mendapatkan penghargaan ISO tesebut, Dinas Tenaga Kerja Kota Bima memenuhi sejumlah kreteria di antaranya mengikuti implementasi ISO selama tiga bulan, dan mengikuti jenjang proses trainning pemahaman ISO 9001.

Selanjutnya melakukan internal audit dan pada proses akhir  adalah pelaksanaan eksternal audit dari badan sertifikasi luar.


Jufri mengatakan, secara umum dinas setempat terus berupaya mengoptimalkan kualitas tenaga kerja melalui pelatihan untuk penempatan tenaga kerja dalam negeri maupun luar negeri. Demikian halnya berkaitan pengaduan dari tenaga kerja atau hubungan industrial.

Sebelumnya, Disnaker Kota Bima melalui Disnaker Provinsi NTB juga sudah membuka jaringan dengan luar negeri agar tenaga kerja dapat terserap seperti untuk penempatan tenaga terampil khusus magang di Jepang.

Pada tahun 2018, dari Kota Bima sedikitnya terseleksi 14 orang yang dikirim magang ke Jepang. Setiap tahun rekruitmen seperti itu rutin dilakukan pemerintah. [US]