Dorong Ketaatan Lalu Lintas, Polres Bima Keliling Desa Putar Film

Iklan Semua Halaman

.

Dorong Ketaatan Lalu Lintas, Polres Bima Keliling Desa Putar Film

Rabu, 23 Januari 2019
Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bima, IPTU Agus Pujianto S.Pd. Foto Ahmad Berita11.com.


Bima, Berita11.com— Sebagai rangkaian kegiatan Millenial Road Safety Festival mendorong kesadaran dan ketaatan berlalu lintas, Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Kepolisian Resor (Polres) Bima akan melaksanakan road show pemutaran film di sejumlah desa di Kabupaten Bima.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bima, IPTU Agus Pujianto SPd mengatakan, Millenial Road Safety Festival dilaksankaan mengingat kecelakaan lalu lintas didominasi pengendara berumur 17-35 tahun.

“Tujuan acara milinial ini untuk menguragi angka kecelakaan lalu lintas yang cukup tinggi dan Polres Bima melakukan pemutaran film keliling desa, memberikan pemahaman pada masyarakat agar saat mengendarai kendaraan barmotor harus mengunakan helm dan dilengkapi dangan surat-surat Kendaraan dan SIM,” ujar Kasat Lantas IPTU Agus Pujianto kepada Berita11.com di Mako Polres Bima, Selasa (22/1/2019).

Agus menjelaskan, pemutaran film di sejumlah desa  dalam rangka Millenial Road Safety Festival tak hanya berisi sosialisasi satu arah, melainkan akan diisi kegiatan interaksi atau tanya jawab berkaitan manfaat menggunakan ijin mengemudi, penggunaan helm dan standar lain keselamatan berkendaraan sehingga tercipta ketertiban berlalu lintas.

Agus menambahkan, pemutaran film keliling akan dilaksanakan dua kali dalam sepekan agar masyarkaat bisa berinteraksi langsung dengan anggota Satuan Lalu Lintas Polres Bima.

Pihaknya mengimbau masyarakat agar berhati-hati saat mengemudikan kendaraan dengan memerhatikan kelengkapan seperti helm, sabuk pengaman. Salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas juga karena kesalahan saat upaya melakukan rem mendadak atau upaya mengurangi laju kendaraan. Hal tersebut akan diedukasi oleh Satuan Lalu Lintas Polres Bima.

Festival keamanan berkendara diinisiasi oleh Korlantas Polri akan berlangsung di seluruh daerah di Indonesia. Festival digelar serentak di 34 provinsi, dimulai 2 Februari hingga 31 Maret 2019.

Pada acara itu akan dilakukan penggalangan terhadap kaum milenial, anak muda usia produktif yang sering kali menjadi korban lalu lintas. Di Kabupaten Bima puncak Millenial Road Safety Festival dilaksanakan di halaman kantor Pemkab Bima dan saat car free day di jalur dua Panda Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima. [AD]