Dorong Partisipasi Pemilih, KPU Kabupaten Dompu Rekrut Relawan Demokrasi

Iklan Semua Halaman

.

Dorong Partisipasi Pemilih, KPU Kabupaten Dompu Rekrut Relawan Demokrasi

Selasa, 15 Januari 2019
Komisioner KPU Kabupaten Dompu, Suherman. Foto RIS Berita11.com.

Dompu, Berita11.com— Demi mendorong pertisipasi pemilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dompu merekrut  55 relawan demokrasi  sebagai mitra untuk membantu meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menggunakan hak suaranya Pemilu 2019.

Ketua KPU Kabupaten Dompu Rusdyanto melalui Ketua Devisi Sosialisasi KPU Kabupaten Dompu, Suherman menjelaskan, relawan demokrasi memiliki peran yang sangat penting dalam membantu KPU mengingat pada Pemilu 2019, pemilih akan berhadapan dengan lima jenis surat suara di Tempat Pengumutan Suara.

“Relawan demokrasi ini direkrut sebagai mitra starategis KPU dalam melaksanakan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih, masyarakat nanti dihadapkan berbagai kompleks surat suara,” jelas Herman pada Berita11.com di ruang kerjanya, Senin (14/1/2019) siang.

“Dengan tujuan meningkatkan kualitas proses Pemilu, meningkatkan partisipasi pemilih dan mebangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda pemilu dan demokrasi," sambung Herman.

Herman menjelaskan, penerimaan berkas pendaftaran sudah dimulai dan pengumuman hasil seleksi dilakukan pada Kamis (17/1/2019) mendatang.

“Tahapan seleksi diantaranya pengumuman pendaftaran mulai 10 sampai dengan 12 Januari, penerimaan pendaftran dan seleksi administrasi, 12 sampai dengan 14 januari,  pengumuman hasil seleksi administrasi 15 Januari, wawancara 16 dan 17 Januari dan penetapan hasil seleksi tanggal 17 Januari,” sebutnya.

Dikatakan Herman, relawan yang telah terpilih nantinya akan diberikan fisilitas dan pendidikan khusus bahkan akan diberikan sertifikat.

“Relawan yang kami rekrut itu bekerja selama tiga bulan, kami berikan honornya, fasilitasi dan kami juga akan melakukan pelatihan dan bimbingan tekhnik beserta sertifikat,” jelasnya. [RIS]