Mobil Perpustakaan Keliling Kunjungi SDN 6 Dompu

Iklan Semua Halaman

.

Mobil Perpustakaan Keliling Kunjungi SDN 6 Dompu

Rabu, 30 Januari 2019
Mobil Perpustakaan Keliling Menyambangi SDN 6 Kabupaten Dompu. Foto RIS.


Dompu, Berita11.com— Demi meningkatkan minat baca kalangan pelajar, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Dompu terus mengintensifkan mobil perpustakaan keliling. Petugas perpustakaan mengunjungi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 6 Kabupaten Dompu, Rabu (30/1/2019) pagi.

Kunjungan petugas perpustakaan keliling disambut antusias  para pelajar dengan semangat membaca koleksi perpusatakaan daerah.  

Kepala Seksi Pelayanan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Dompu, Suryah Apriani S.IP mengatakan, pelayanan perpustakaan keliling dilaksanakan rutin di sejumlah tempat seperti sekolah.

Selain mendorong minat baca pelajar dan kelompok masyarakat, layanan perpustakaan juga untuk meningkatkan angka literasi di Kabupaten Dompu.

“Kita dari dinas perpustakaan punya dua mobil yaitu mobil biru dan mobil putih. Setiap hari kami rutin mengunjungi tiap-tiap sekolah,” ujar Suryah di SDN 6 Kabupaten Dompu.
Dikatakannya, kunjungan pada Rabu (30/1/2019) khusus  jalur menuju Mbawi Kabupaten Dompu,  sedangkan mobil warna biru perpustakaan keliling ditempatkan di wilayah Kecamatan Manggelewa.

“Kita yang dari mobil putih agendanya dari Dompu menuju jalur Mbawi, sedangkan mobil biru ke Kecamatan Manggelewa, semua ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan meningkatkan literasi siswa,” katanya.

Apriani menjelaskan, upaya yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal itu sebagaimana yang tertuang dalam Undang Undang Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. Pasal 4 menyatakan tujuan dan fungsi perpustakaan adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk meningkatkan kegemaran membaca serta memperluas wawasan dan pengetahuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Dengan adanya perpustakaan keliling ini bisa menumbuhkan minat baca agar memperluas wawasan dan pengetahuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dari usia dini pelajar sampai tingkat masyarakat umum,” ujarnya.

Kepala SDN 6 Kabupaten Dompu M Taufik, S.Pd.SD mengapresiasi kehadiran perpustakaan keliling di sekolah setempat karena  membantu memompa minat baca siswa.

“Saya sangat mendukung dengan adanya program ini, dengan hadirnya perpustakaan keliling ini akan membantu siswa dalam meningkatkan pengetahuan siswa terutama membaca serta meningkatkan kreatifitas siswa,” katanya.

Disebutkannya,  dua tahun terakhir mobil perpustakaan keliling rutin mendatangi  SDN 6. “Mudah-mudahan kegiatan ini terus berlanjut, baik sekolah kita maupun sekolah-sekolah lain sesuai intruksi Bupati Nomor 16 Tahun 2018 bahwa siswa yang belum bisa membaca tidak dinaikan kelas dengan adanya perpustakaan keliling ini dapat memacu siswa dalam belajar membaca,” pungkasnya. [RIS]