Tiga Kelurahan dan Lima Desa di Dompu Peroleh Bantuan Kementerian ESDM

Iklan Semua Halaman

.

Tiga Kelurahan dan Lima Desa di Dompu Peroleh Bantuan Kementerian ESDM

Rabu, 30 Januari 2019
Camat Woja, Drs Risman. Foto RIS Berita11.com.


Dompu, Berita11.com— Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meluncurkan bantuan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) di tiga kelurahan dan lima desa khusus di Kecamatan Woja Kabupaten Dompu.

Tiga kelurahan itu adalah Simpasai, Kandai Dua dan Montabaru, sedangkan lima desa di antaranya, Wawonduru, Matua, Bakajaya, Nowa, dan Desa Bara.

Camat Woja Drs Risman  membenarkan adanya bantuan tersebut. bantuan ESDM 
diarahkan untuk menerangi jalan dan gang terutama di tempat yang tidak ada penerangan.

“Lampu penerangan jalan yang dipasang disetiap kelurahan dan desa itu, masing-masing mendapatkan 25 unit tenaga surya untuk menerangi jalan di gang atau tempat umum,” jelas Risman, Rabu (30/01/2019) pagi.

Menurut Risman, ada beberapa alasan yang membuat pemerintah memandang perlunya program lampu tenaga surya dilaksanakan terutama warga yang belum mendapat aliran listrik.

“Kebijakan ini adalah solusi cepat untuk melistriki desa-desa yang tidak dapat terjangkau oleh Perusahaan Listrik Negara,” ucap dia.

Risma menjelaskan, prinsip kerja LTSHE berupa panel surya yang menangkap energi sinar matahari, lalu mengubahnya menjadi energi listrik  setelah menyimpan energi tersebut.

“Dengan adanya lampu penerangan jalan yang mengunakan tenaga suria ini di setiap kelurahan dan desa akan menopang dan kecerahan kelurahan dan desa,” katanya. [RIS]