Turunkan Emisi GRK, DLH Kabupaten Bima Bina Warga Tiga Desa

Iklan Semua Halaman

.

Turunkan Emisi GRK, DLH Kabupaten Bima Bina Warga Tiga Desa

Redaksi Berita11
Rabu, 16 Januari 2019
Proses Penyerahan Bibit oleh Pejabat DLH Kabupaten Bima saat Penghijauan di Parado.

Bima, Berita11.com— Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bima juga konsen terhadap upaya menurunkan emisi gas rumah kaca (GRK). Upaya itu melalui penataan desa hijau di Desa Lanta Barat Kecamatan Lambu, Desa Sambori Kecamatan Lambitu dan Desa Kuta Kecamatan Parado.

Untuk mewujudkan penataan desa hijau pada sejumlah desa tersebut, DLH menggandeng Komunitas Jao. Aksi terbaru DLH dan komunitas yaitu program kampung iklim desa hijau di Desa Kuta Kecamatan Parado, Jumat (11/1/2019) lalu.

Kepala Seksi Pemeliharaan Lingkungan Bidang Penataan Lingkungan DLH Kabupaten Bima Numayang Sari, S. Hut mengatakan kegiatan adaptasi dan mitigasi dampak perubahan iklim dan penurunan emisi GRK dijabarkan dalam bentuk aksi penataan desa hijau  di tiga lokasi.

“Kegiatan bersama relawan Jao, pemerintah kecamatan dan warga Desa Kuta Parado ditujukan untuk mendukung program kampung iklim,” katanya seperti dikutip Kepala Bidang Komunikasi Publik dan Desiminasi Informasi, Dinas Komunikasi, Informatika, dan Stastik Kabupaten Bima, Suryadin, M.Si.

Dikatakannya, semua elemen mulai dari camat, Kades, RT/RW, tokoh masyarakat  Babinsa, Pol PP, Karang Taruna dan masyarakat turut serta membantu mewujudkan penataan lingkungan yang asri.

Khusus berkaitan penanaman keliling pohon di Lapangan Desa Kuta,targetnya, masing-masing warga bertanggung jawab dalam menanam dan membuat pagar satu pohon.

“Satu pohon tanggung jawab yang ditanam dan dipagari dan menjaga tanaman tersebut tumbuh,” ujar Mayang.

Kegiatan yang sama telah dilaksanakan 28 Desember 2018 lalu di Desa Sambori Kecamatan Lambitu, sedangkan untuk Desa Lanta Barat baru tahap penyediaan bibit, tong sampah dan persiapan lain. “Serta menyesuaikan dengan kegiatan masyarakat setempat,” katanya. [AN]