Tutup Tahun 2018, Pemkab Bima Umumkan PPID Terbaik

Iklan Semua Halaman

.

Tutup Tahun 2018, Pemkab Bima Umumkan PPID Terbaik

Redaksi Berita11
Selasa, 01 Januari 2019
Wakil Bupati Bima, Drs H Dahlan M Noer MPd Menyerahkan Plakat kepada Sejumlah PPID Terbaik.


Bima, Berita11.com— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima melalui  Dinas  Komunikasi,  Informatika dan Statistik (Diskominfostik) menggelar Penganugerahan Pejabat Pengelola  Informasi dan Dokumentasi (PPID) Terbaik Tingkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD), PPID  Kecamatan dan PPID  Tingkat Desa di ruang rapat utama kantor Bupati Bima, Senin (31/12/2018).

Sesuai keputusan tim penilai, penghargaan PPID terbaik tahun 2018 diraih sejumlah dinas, pemerintah kecamatan dan desa yaitu  kategori PPID OPD,  peringkat I Dinas Peternakan dan Keswan, peringkat 2  Dinas Pariwisata, peringkat 3 Dinas Sosial, peringkat 4  Dinas Perhubungan, peringkat 5 DPMPTSP,  peringkat 6 Dinas PUPR, peringkat 7 BPBD,  peringkat 8 DP3AP2KB, peringkat 9 BKD dan Diklat, Peringkat 10 Dinas Perpustakaan dan Arsip.

Sementara itu, untuk kategori PPID kecamatan,  peringkat 1 diraih PPID Kecamatan Langgudu, disusul PPID Kecamatan Palibelo,  PPID Kecamatan Bolo, sedangkan untuk kategori tingkat desa,  peringkat 1 diraih PPID Desa Rupe Kecamatan Langgudu, peringkat 2 PPID Desa Leu Bolo,  peringkat 3 PPID Desa Teke Palibelo.

Wakil Bupati Drs H Dahlan HM Noer, M.Pd  yang didampingi Kapolres Bima,  Kadis Kominfostik  Kabupaten Bima H Abdul Wahab Usman, SH, M. Si dalam sambutannya mengatakan bahwa kinerja pelayanan informasi publik di Kabupaten Bima mendapatkan apresiasi di tingkat Provinsi NTB.

“Alhamdulillah pada tahun 2018 ini PPID  Kabupaten Bima berhasil meraih peringkat 2 kategori badan publik terinformatif pada pemeringkatan  yang dilaksanakan oleh Komisi Informasi NTB yang penghargaannya diterima oleh Wakil Bupati,” ujar Dahlan di hadapan peserta penerima penghargaan.    

Dikatakannya, Kabupaten Bima merupakan satu-satunya daerah di Provinsi NTB yang melaksanakan pemeringkatan pelayanan PPID, selain yang diselenggarakan oleh Komisi Informasi Provinsi NTB. 

Suasana Penyerahan Penghargaan untuk PPID Terbaik yang Digelar di Ruang Rapat Bupati Bima, Senin (30/12/2018).

“Pemeringkatan ini ditujukan sebagai wahana evaluasi pelayanan informasi publik, baik di tingkat kabupaten, kecamatan maupun desa,” katanya.

Kadis Kominfostik Kabupaten Bima, H Abdul Wahab Usman, SH, M. Si dalam laporannya mengatakan bahwa pemeringkatan PPID merupakan wahana untuk mengetahui apakah PPID mengelola informasi dan dokumentasi sesuai dengan amanat undang-undang.

Wahab juga menjelaskan tahapan pemeringkatan PPID kategori OPD, kategori kecamatan desa hingga diumumkan pada akhir tahun 2018. [AN]