Warga Kempo Tolak Pemindahan Puskesmas

Iklan Semua Halaman

.

Warga Kempo Tolak Pemindahan Puskesmas

Redaksi Berita11
Kamis, 24 Januari 2019
Aksi Puluhan Warga Kempo Menolak Pemindahan Pusat Kesehatan Masyarakat, Rabu (23/1/2019). 


Dompu, Berita11.com— Rencana pemindahan Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu ditentang warga setempat. Masalahnya, pemindahan itu tanpa kompromi dengan pemerintah desa maupun masyarakat setempat.

Puluhan warga Kempo menggelar aksi unjuk rasa di depan Puskesmas Kempo, Rabu (23/1/2019) pagi. Warga menolak keras rencana pemindahan Puskesmas.
Menurut warga setempat, selain berlokasi di Desa Kempo yang merupakan desa induk atau ibu kota kecamatan, Puskesmas itu telah beroperasi lebih kurang 45 tahun sejak tahun 1973 silam.

Koordinasi massa, Fadlin, mengatakan, pemerintah kecamatan setempat dan pihak Puskesmas telah mengambil tindakan tidak wajar. Karena tanpa sosialisasi dan kompromi dengan pihak masyarakat serta pemerintah desa.

Dikatakannya, alibi pihak Puskesmas  bahwa di desa setempat tidak aman dan tidak nyaman untuk pelayanan merupakan alasan yang tidak kuat. Jika tidak aman, maka mestinya pihak Puskesmas bisa menjalankan peraturan sebagaimana yang telah ditetapkan dalam Permenkes Nomor 75 Tahun 2014.

“Apabila Puskesmas tidak aman dan tidak nyaman, maka sewajarnya mengadakan security untuk memberikan keamanan dan kenyamanan sesuai dengan aturan yang telah diatur. Dan apabila lokasi sempit, maka pihak Puskesmas melakukan perencanaan renovasi dan penambahan bangunan,” ujarnya.

Ia mengatakan, untuk mendukung pembangunan Puskesmas di Desa Kempo terdapat banyak  lahan warga sekitarnya yang telah dihibahkan. Namun lahan itu sebagian banyak digunakan untuk pembangunan asrama.  

“Alasan yang dilakukan pihak Puskesmas dan pemerintah kecamatan sudah sangat menyinggung dan memberikan citra buruk terhadap kami, sehingga kami masyarakat Desa Kempo menolak pemindahan Puskesmas,” teriak Fadlin dalam orasinya.

Setelah berorasi, sekira pukul 10.30 Wita,  puluhan itu melakukan dialog dengan pihak Puskesmas dan dikawal oleh sejumlah aparat kepolisian dari Polsek Kempo.

Dalam dialognya, pihak Puskesmas Kempo belum berani memberikan keputusan. Karena harus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu sebagai OPD yang menaungi.

Selain pengambil kebijakan, Dikes juga yang lebih paham dengan masalah dan prosedur pemindahan Puskesmas setempat. [RIS]