Akhir Jabatan, Kades Lepadi Gelar Rapat LKPPD

Iklan Semua Halaman

.

Akhir Jabatan, Kades Lepadi Gelar Rapat LKPPD

Abank poris
Senin, 18 Februari 2019
Rapat penyerahan (LKPPD) Foto AF


Dompu, Berita11.com - Dipenghujung akhir masa jabatan sebagai Kepala Desa (Kades) Lepadi Kecamatan Pajo Kabupaten Dompu Sudirman Ahmad langsung menggelar rapat penyerahan Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintah Desa (LKPPD) kepada Pemerintah Desa juga seluruh lembaga pendamping desa, Kamis (14/2/2019) pagi.

Rapat penyerahan LKPPD berlangsung di aula desa setempat yang dihadiri Camat Pajo diwakili Kasi Pemdes Sri Rohayu BSW, Ketua BPD, Ketua LPM, Pendamping Desa, dan Lembaga lainnya, serta tokoh masyarakat setempat.

Dalam kesempatan itu, Ketua BPD desa setempat Syarifudin S.IP menguraikan empat kewajiban Kades yang harus dipenuhi dalam menyerahkan laporannya.

"Kedes wajib menyerahkan LKPPD akhir tahun, kemudian LKPPD akhir masa jabatan, dan menyerahkan LKPPD kepada Ketua BPD serta menyerahkan informasi penyelenggara Pemdes," urainya.

Sementara itu, Camat Pajo yang diwakili Kasi Pemdes Sri Rohayu BSW mengimbau, bahwa sebelum dilakukan serah terima jabatan, Kades diminta untuk tidak menyerahkan dulu semua aset desa yang ada sebelum ada Kades definitif.

"Setelah ada penjabat baru yang menggantikan Kepala Desa (PLT, red) dan dilakukan serah terima, disitulah semua aset Desa yang ada diserahkan kepada penjabat yang baru," sarannya.

Lewat kesempatan yang sama Kades Sudirman Ahmad menyampaikan, seluruh aset desa yang dibeli melalui agaran Dana Desa DD maupun ADD pihaknya akan menyerahkan semua hanya beberapa item yang belum diserahkan.

"Saya akan serahkan semua aset yang ada, hanya saja ada beberapa item aset tahun 2017/2018 belum saya serahkan kepada pengurus Bumdes karena ada masalah. Saya tidak berani menyerahkan uang itu tanpa ada dokomen yang jelas," terang Suherman.

Selain menyelamatkan keuangan desa, lanjut Suherman, beberapa item pengadaan barang yang seharusnya dilakukan namun tidak jadi karena tidak sesuai dengan laporan.

"Seperti pengadaan papan Monografi dan keranda mayat, karena harga yang tidak sesuai laporan yang kita ajukan, maka saya silfakan," bebernya. [AF]