Bahas Kerusakan Hutan Dompu dengan Legislator, PRD Desak DPRD Bentuk Pansus

Iklan Semua Halaman

.

Bahas Kerusakan Hutan Dompu dengan Legislator, PRD Desak DPRD Bentuk Pansus

Kamis, 07 Februari 2019
Bahas Kerusakan Hutan di Dompu, Aktivis PRD Berdialog dengan Anggota DPRD Kabupaten Dompu. 

Dompu, Berita11.com—  Aktivis Partai Rakyat Demokratik (PRD) Dompu berdialog dengan dua legislator Kabupaten Dompu, Ihwayudin Ak dari Fraksi PAN dan Muhammad Iksan, S.Sos dari Fraksi Nasdem, Kamis (7/2/2019) pagi.

Pembahasan tersebut menindaklanjuti persoalan kerusakan hutan di sejumlah wilayah Kabupaten Dompu yang sudah dilaporkan aktivis PRD di Polda NTB,  25 Januari 2019 lalu.
Perwakilan PRD Dompu, Sarif Bimbim mengungkapkan, kerusakan kawasan hutan negara di  Kabupaten Dompu sekitar 96,195 hektar. Total kawasan hutan yang rusak  139,892,94 meter per segi.

“Pemanfaatan penggunaan kawasan hutan harus dilaksanakan secara tepat dengan pertimbangan fungsi ekonomi sosial serta budaya. Untuk itu, kami minta kepada pihak anggota DPRD segera mengeluarkan rekomendasi dan membentuk Pansus untuk mengawal dan mengontrol kerusakan hutan tersebut,” desak Bimbim.

Menurut Bimbim, tujuan dibuatkan Pansus agar mengungkap aktor intelektual yang diduga telah sengaja menyuruh, mengajak, serta mengorganisir masyarakat agar menguasai wilayah hutan secara tidak sah untuk kepentingan tertentu.

“Hal ini sudah kami laporkan secara resmi kepada Kapolda NTB beberapa waktu lalu. Kami juga meminta kepada Kapolda untuk menangani dengan serius terkait laporan kami,” tandasnya.

Anggota DPRD Kabupaten Dompu, Ihwayudin, menyatakan sehubungan adanya kerusakan hutan, pihaknya akan  serius  menanggapi. Hal tersebut akan dibahas dalam rapat bersama dengan sejumlah anggota DPRD lainnya.

“Untuk itu kami akan melakukan pengawasan secara seksama dan akan mengusulkan dalam rapat terkait pembentukan tim Pansus ini,” ujarnya.

Sementara itu, anggota lain DPRD Kabupaten Dompu, Muhammad Iksan, S.Sos mengisyaratkan legislatif akan melaksanakan pengawasan berkaitan kerusakan hutan.

“Kami akan upayakan pengendalian dan pencegahan terhadap pengerusakan hutan yang ada di wilayah Kabupaten Dompu dengan melakukan pengawasan serta akan mengusulkan pembentukan tim Pansus,” ujarnya. [AF]