Bawaslu Kota Bima dan Sat Pol PP Tertibkan APK tak Sesuai Regulasi

Iklan Semua Halaman

.

Bawaslu Kota Bima dan Sat Pol PP Tertibkan APK tak Sesuai Regulasi

Redaksi Berita11
Rabu, 27 Februari 2019
Kegiatan Penertiban APK dan Bahan Kampanye oleh Satuan Pol PP Kota Bima di Bawah Pengawasan Bawaslu Kota Bima, Aparat Polri dan TNI. Foto Marsin Berita11.com.

Kota Bima, Berita11.com— Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bima mengawasi penertiban  alat peraga kampanye (AKP) dan bahan kampanye yang terpasang tidak sesuai zona yang tentukan KPU Kota Bima oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) Kota Bima, Rabu (27/2/2019).

Kegiatan penertiban juga dibantu dikawal oleh aparat Kepolisian Resor (Polres) Bima Kota dan anggota Kodim 1608/ Bima.

Koordinator Devisi SDM, Organisasi, Data dan Informasi, Bawaslu Kota Bima, Asrul Sani SE menjelaskan,  kegiatan penertiban APK sesuai hasil Koordinasi dengan beberapa pihak sebelumnya yakni Satpol PP, Polresta Kodim 1608 Bima dan Kesbangpol Kota Bima.  “Hari ini kita sama-sama turun melakukan penertiban APK dan bahan kampanye,” ujar Asrul Sani.

Sebelum turun melaksanakan penertiban,  Koordinator Devisi SDM, Organisasi, Data dan Informasi, Bawaslu Kota Bima  Asrul Sani menyampaikan arahan terkait APK dan bahan kampanye yang harus ditertibkan.

Sejumlah  APK yang terpasang bukan pada zona yang ditetapkan sesuai Keputusan KPU Kota Bima, yaitu disejumlah lokasi terlarang seperti tempat ibadah, insatansi dan lembaga pendidikan,  rumah sakit dan layanan kesehatan. Termasuk yang terpasnag di pohon, tiang listrik dan taman.

Asrul menyebutkan, pihaknya sudah melayangkan surat peringatan kepada seluruh Parpol agar menertibkan sendiri APK dan bahan kampanye yang dipasang tidak sesuai ketentuan tersebut maupun yang di luar zona yang telah ditetapkan oleh KPU Kota Bima.

APK dan bahan kampanye tak sesuai regulasi tersebut umumnya merupakan milik Caleg DPRD Kota Bima, calon anggota DPRD Provinsi NTB dan calon anggota DPR RI.

Bahan Kampanye tidak Sesuai Ketentuan Milik Calon Anggota DPD RI yang Ditertibkan Satuan Pol PP dalam Pengawasan Bawaslu Kota Bima. Beberapa APK dan Bahan Kampanye Dipasang di Jalur yang Dilarang.

“Langkah-langkah sudah kita lalui rekomendasi. Sudah kita sampaikan ke Parpol-Parpol  agar menurunkan sendiri APK yang tidak sesuai dengan ketentuan, namun tidak diindahkan. Atas dasar itulah kami melakukan  penertiban APK yang dipasang di luar ketentuan terutama di pohon-pohon dan di tiang listrik,” katanya.

Penertiban juga dilakukan terhadap  APK yang difasilitasi  KPU yang dipasang tidak sesuai peraturan yang telah dtetapkan oleh Pemkot Bima.

“Penertiban APK khususnyanya yang tidak sesuai dengan ketentuan perundang-undangarn termasuk bahan kampanye yang dipasang baik di pohon tiang listrik, taman kota, di tempat yang dilarang seperti tempat ibadah, gedung milik pemerintahan, tepat pendidikan, rumah sakit  dan jalan protokol,” pungkasnya. [MR]