Dua Warga Bima Digigit Anjing saat di Dompu

Iklan Semua Halaman

.

Dua Warga Bima Digigit Anjing saat di Dompu

Kamis, 21 Februari 2019
Ilustrasi. Orginal Picture Klik BMR.


Bima, Berita11.com— Dua warga Kabupaten Bima terdata oleh Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Bima digigit anjing saat berada di Dompu. Berdasarkan data dinas setempat, 19 sampel otak anjing yang dikirim ke Balai Besar Veteriner Denpasar dinyatakan negatif, akan tetapi terdapat 8 sampel yang belum dikirim sehingga belum diketahui hasilnya.

Dua warga Kabupaten Bima yang digigit anjing di Kabupaten Dompu yaitu berasal dari Desa Kala dan Desa Mbawa Kecamatan Donggo.

Kepala Disnak Kabupaten Bima, Ir Abdollah menyebut terdapat 25 kasus gigitan hewan penular rabies (GHPR) di Kabuapten Bima yang tersebar di empat kecamatan. Sampai saat ini, dinas setempat masih menungggu hasil laboratorium berkaitan pemeriksaan sampel otak anjing di Balai Besar Veteriner Denpasas.

“Delapan sampel itu belum kita kirim, segera kita kirim untuk mengetahui hasilnya,” katanya.

Ia mengatakan, terdapat beberapa kendala penanganan upaya pencegahan rabies di Kabupaten Bima yaitu terutama masalah anggaran yang belum tersedia. Sementara untuk vaksinasi warga yang tergigit anjing harus dibawa ke Kabupaten Dompu yang memiliki stok vaksin. [US]