Dugaan Pelanggaran Caleg Partai Demokrat Dikembalikan ke Bawaslu

Iklan Semua Halaman

.

Dugaan Pelanggaran Caleg Partai Demokrat Dikembalikan ke Bawaslu

Kamis, 21 Februari 2019
Anggota Bawaslu Kabupaten Bima, Damrah M.Pd. Foto Ahmad Berita11.com.


Bima, Berita11.com— Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kabupaten Bima telah membahas dugaan pelanggaran kampanye calon anggota DPR RI Dapil Pulau Sumbawa dari Partai Demokrat berkaitan pelibatan Aparatur Sipil Negara (ASN). Sehingga Bawaslu bisa merekomendasikan secara administrasi.

“Awalnya diduga melibatkan ASN, itu sudah dilakukan pembahasan tingkat Sentra Gakkumdu. Pembahasan sampai pada pembahasan kedua yang kesimpulannya bahwa itu dikembalikan ke Bawaslu untuk menindak secara administratif,” ujar Anggota Bawaslu Kabupaten Bima, Junaidin S.Pd didampingi anggota lainnya, Damrah MPd di Palibelo, Kamis (21/2/2019).

Junaidin menegaskan, bahwa kasus Caleg Partai Demokrat statusnya bukan dihentikan, melainkan dilanjutkan pada proses rekomendasi atau kategori pelanggaran administrasi.

“Terhadap ASN yang terlibat dalam politik, karena peristiwa itu sama sekali tidak melibatkan pelaksana. Banyak namanya, itu indikatornya adalah undangan yang dikeluarkan oleh pelaksanaan tidak ditandatangani langsung oleh yang bersangkutan,  yang kedua tidak mengetahui siapa siapa yang diundang. Jadi peristiwanya tidak mengarah pada mengikutsertakan,” katanya.

Anggota Bawaslu Kabupaten Bima, Damrah M.Pd menambahkan, dugaan ikutsertanya ASN brerdasarkan keterangan sejumlah saksi dalam kasus dugaan pelanggaran tersebut. [AD]