Kapolsubsektor Soromandi Bantu Pemuda Disabilitas Pengumpul Sampah Plastik

Iklan Semua Halaman

.

Kapolsubsektor Soromandi Bantu Pemuda Disabilitas Pengumpul Sampah Plastik

Rabu, 06 Februari 2019
Kapolsubsektor Soromandi, IPDA Muh Sofyan Hidayat Menepikan Kendaraannya saat Melihat Pemuda Disabilitas Pengumpul Sampah Plastik. Perwira Polisi Berjiwa Sosial ini Menyisihkan Uang untuk Sukardin.


Bima, Berita11.com— Kepekaan sosial sosok Kapolsubsketor Soromandi, IPDA Muh. Sofyan Hidayat, S.Sos patut diancungi jempol. Bersama sejumlah anggotanya, Kapolsubsektor menyisipkan waktu untuk berdialog sekaligus  memberikan sedikit uang untuk Sukardin, warga Desa Bajo Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima yang sejak kecil menderita lumpuh layu, Selasa (5/2/2019) siang.

Hampir setiap hari, Sukardin melawan kekurangan fisiknya mencari sampah sepanjang laut di Desa Bajo hingga Desa Lewintana yang jaraknya hingga nyaris satu kilometer. Meskipun terik dan hanya mampu berjalan dengan mengandalkan tumpuan tangan dan lututnya di aspal, Sukardin tetap gigih mencari sampah gelas plastik dan botol plastik yang  selanjutnya akan dijual pengepul. Hasil penjualan yang tak seberapa itu selanjutnya digunakan untuk menambal kebutuhan dia, saudara dan orangtuanya.

Sikap gigih Sukardin memantik kepedulian IPDA Muh. Sofyan Hidayat, S.Sos dan sejumlah anggota Polsubsektor Soromandi. Kapolsubsektor dan anggotanya berhenti di jalan saat melihat Sukardin mencari sampah di sekitar Lewintana.

“Kami melihat Sukardin di jalan, kemudian membuka obrolan sekadar memberi motivasi dan semangat kepada Sukardin serta menyisihkan sedikit rejeki berupa uang untuk belanjanya,” ujar IPDA Muh. Sofyan Hidayat kepada Berita11.com.

Perihal sikap gigih Sukardin yang  kesehariannya hanya bisa merangkak di jalan raya dimulai dari Desa Bajo hingga Desa Lewintana mencari plastik-plastik, botol plastik dan gelas bekas untuk dijual kepada pengepul  juga diketahui IPDA Muh Sofyan Hidayat dari penuturan warga.

“Keluarganya memang tidak mampu, kedua orang tuanya masih hidup dan bermata pencaharian sebagai nelayan,”  kata perwira muda ini mengutip pernyataan warga.

IPDA Muh Sofyan Hidayat meingsyaratkan dalam waktu tak lama lagi, pihaknya akan mendatangi keluarga dari lima bersaudara itu untuk memberikan bantuan Sembako.

“Dalam waktu dekat kami berencana akan mengunjungi ke rumahnya langsung untuk memberikan sumbangan Sembako beserta kebutuhan lain,’ isyaratnya.

Sesuai keterangan warga,  Sukardin  pernah diberikan kursi roda oleh pihak pemerintah. Namun pemuda tersebut merasa tidak nyaman, sehingga kini tidak lagi menggunakannya.
Kapolsubsektor Soromandi mengajak siapa saja sekadar memberikan bantuan sebagai tanda kasih sayang dan kepedulian terhadap sesama. [RIS]