Peringati HPSN, Sat Polairud dan Polsek Pekat Polres Dompu Giat Bersihkan Sampah

Iklan Semua Halaman

.

Peringati HPSN, Sat Polairud dan Polsek Pekat Polres Dompu Giat Bersihkan Sampah

Abank poris
Kamis, 21 Februari 2019
Suasana pembersihan sampah di pesisir pantai Labuh Barat Desa Nangamiro Kecamatan Pekat Foto Ist

Dompu, Berita11.com - Dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019, Sat Polairud dan Polsek Pekat Polres Dompu giat melakukan pembersihan sampah di pesisir pantai di wilayah Labuh Barat Desa Nangamiro Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu, Kamis (21/2/2019) pagi.

Kasat Pol Airud Polres Dompu IPTU H. Sudarman, S.Sos didampingi enam orang anggota dan tujuh orang anggota dari Dit Pol Airud Polda NTB. Sementara Kapolsek Pekat IPDA Abdul Malik, SH didampingi seluruh anggota jajaran Polsek Pekat.

Kegiatan HPSN dengan tema "Kelola Sampah Untuk Hidup Bersih Sehat Bernilai" ini dihadiri Camat Pekat Gunawan, SE beserta jajarannya, Danramil Lettu Inf Ibrahim berserta anggota, Danpos TNI-AL unit Calabai beserta anggota.

Selain itu, turut hadir seluruh lingkup Muspika se-Kecamatan Pekat antara lain KUPT Puskesmas Calabai beserta anggota, KUPT Syahbandar pelabuhan Calabai beserta anggota, KUPT Dinas peternakan beserta anggota, KUPT Dinas Kehutanan beserta anggota, KUPT Dinas pertanian beserta anggota, KUPT Dikpora beserta anggota, KUPT BKKBN beserta anggota.

Kemudian para Kades se-Kecamatan Pekat beserta anggota, para pelajar SMP dan SMU, Ketua komunitas Kompak Calabai, Saka Bhayagkara, Kwartir Ranting Pekat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

Sebelum kegiatan dimulai para pegiat beserta tamu undangan HPSN dilakukan apel bersama yang dipimpin oleh Camat Pekat, Gunawan, SE.

Dalam sambutannya, Gunawan menyampaikan apresiasi terhadap tamu undangan yang telah hadir dan memiliki rasa kepedulian terhadap kebersihan lingkungan.

"Kita hadir di pantai ini dalam rangka HPSN dengan tema, Kelola Sampah Untuk Hidup Bersih Sehat Bernilai, Saya sampaikan apresiasi yang luar biasa kepada rekan-rekan yang telah hadir dalam kegiatan ini serta memiliki jiwa gotong royong yang tinggi," ucapnya.

Lewat kesempatan itu, Gunawan mengajak tamu undangan yang hadir beserta seluruh lapisan masyarakat untuk dicarikan solusi pembuangan sampah agar di pesisir pantai tetap bersih dan indah.

"Kedepannya kita akan mencari soluasi agar pantai yang ada di Kecamatan Pekat bebas dari sampah," tandasnya.

Usai pelaksanaan apel, kegiatan dilanjutkan dengan deklarasi HPSN agar mewujudkan pemilu 2019 yang aman dan sejuk, kemudian baru dilakukan giat bersih pantai bersama-sama.

hasil sampah yang dikumpulkan atau ditimbang oleh para undangan yang hadir selanjutnya membuang pada Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) di Desa Nangamiro yang telah disediakan. [RIS]