Serba-Serbi Rencana Program Kerja Sispala "Kasimpa" SMKN 1 Pekat

Iklan Semua Halaman

.

Serba-Serbi Rencana Program Kerja Sispala "Kasimpa" SMKN 1 Pekat

Kamis, 21 Februari 2019
Sispala (Kasimpa) saat melakukan persemaian di jalan lintas Tambora No 01. Foto Ist

Dompu, Berita11.com - Jajaran siswa pencinta alam (Sispala) atau yang disebut Kesatuan Siswa Pecinta Alam (Kasimpa) SMKN 1 Pekat Kabupaten Dompu sejak pekan lalu sudah mulai menjalankan rencana program kerja yang telah disusun untuk semester genap tahun pelajaran 2018/2019.

Salah satu item program kerja yang dilakukan adalah persemaian dengan menanam pohon Cemara, Sengon dan pohon Mangga sepanjang jalan lintas Tambora No. 01 pada Rabu (20/1/2019) sore.

Selain itu, pekan lalu Kasimpa bersama dua orang pembina yakni Ardiansah, S.Pd dan Yulianingsih S.Pd juga membuat tempat sampah organik dan non organik, kemudian tempat pembuangan akhir sampah bertempat di sudut lingkungan sekolah.

"Program semester dua ini diantaranya dimulai dari  pemantapan materi (PM) latihan dasar kepemimpinan (LDK) kemudian, Bakti lingkungan sekolah, Bakti lingkungan hidup atau sosial kemasyarakatan, Diksar angkatan ke II dan ditutup dengan Ekspedisi akhir semester," tutur pembina Ardiansah pada Berita11.com.

Menurut pria yang sudah terbiasa berkecimpung dalam organisasi pecinta alam ini, organisasi ekstrakurikuler itu bukan saja mampu mendorong adrenalin dalam hal kelestarian lingkungan hidup. Namun siswa dan siswi mampu menjadi organisasi yang maju dalam lingkungan sekolahnya.

"Perkembangan di bidang lingkungan hidup kemasyarakatan dengan kegiatan-kegiatan sosial seperti yang sudah berjalan ini seperti penghijauan dan lain lain," katanya.

Dikatakan Ardiansah, Kasimpa bukan saja didukung oleh kedua pembinanya tetapi dukungan terus berdatangan dari berbagai pihak termasuk dari siswa dan siswi SMP dan MTS yang berada disekitar kecamatan pekat yang ingin bergabung dalam organisasi Kasimpa.

"Hanya SMKN 1 Pekat saja yang memiliki Organisasi yang bersentuhan langsung dengan bidang lingkungan hidup yang selaras dengan jurusan yang dibuka yaitu jurusan kehutanan, sehingga antusias mereka ingin lanjut sekolah menengah di SMKN 1 Pekat," ujar dia.

Adapun kegiatan yang sudah tersusun dalam rencana program kerja semester genap ini antara lain Revitalisasi pagar sekolah, pembuatan Tempat Pembuangan Akhir Sampah Sekolah (TPASS), Cleaning area lingkungan sekolah, pengolahan sampah dan penghijauan, sedangkan pemantapan materi setiap Sabtu dan Minggu dilakukan setiap akhir pekan. [RIS]